• klik klas

Yuk Matikan Lampu Saat Kamu Tidur



Haloo Klikers dan Teman Baik, kegiatan apa yang biasa kamu lakukan sebelum tidur agar tidurmu berkualitas? Biasanya kamu tidur dalam keadaan lampu yang menyala atau dalam keadaan gelap? Kamu tau nggak sih sebenarnya mematikan lampu saat kamu tidur itu bisa bikin tidurmu lebih berkualitas.


Aku sadar sih kadang ada beberapa orang tidur dalam keadaan nyala karena dia takut akan gelap dan takut ada hantu padahal selama kita berdoa memohon perlindungan sama Tuhan, dijamin tidur kita nggak akan diganggu asalkan kita percaya dan yakin bahwa Tuhan akan menjaga kita.


Alasan lain karena sesederhana mager aja untuk mematikan saklar karena harus berdiri dan effort berjalan untuk mematikan lampu jadi maunya yaa langsung tidur aja kalau emang udah mau tidur. Mematikan lampu lebih awal juga nggak bisa karena masih mau ngapa ngapain sebelum tidur yang membutuhkan cahaya lampu.


Aku harap dengan adanya artikel ini besok malem kamu tidurnya udah dalam keadaan lampu mati yaa Klikers dan Teman Baik, dengan lampu mati kualitas tidurmu akan jauh lebih baik.



Jadi Klikers dan Teman Baik, paparan yang kita terima dari cahaya saat tidur bekerja dengan menstimulasi aliran sel saraf dari mata ke bagian dari otak. Mereka dapat mengontrol hormon, suhu tubuh, dan fungsi lainnya yang bertugas membuat kamu merasa mengantuk. Jadi ketika cahaya gelap kita akan lebih mudah mengantuk.


Dengan tidur dalam ruangan gelap kita bisa memberi sinyal pada tubuh waktu ini adalah malam dan saatnya kita tidur, ketika pagi datang cahaya terang akan datang dan waktunya kita beraktivitas. saat tidur dengan lampu menyala, otak mungkin tidak akan memproduksi hormon melatonin sebab ia bingung apakah kini waktu malam atau siang.


Jadi kalau kamu misal siang ketika kerja atau kuliah ngantukan banget tapi kalau malam malah melotot. Coba deh mulai sekarang biasakan tidur dalam keadaan ruangan gelap. Semoga sedikit banyak cara ini bisa membantu kamu.


Kamu perlu tau juga bahwa tidur bisa mengurangi depresi loh! Iyaa bener tidur di ruangan gelap ada kaitanya sama kesehatan mental juga. Jadi nih Klikers dan Teman Baik dilansir dari National Sleep Foundation, studi terbaru dari Ohio State University mengungkapkan, tidur di ruangan yang terang lebih berisiko mengalami depresi dibandingkan tidur di ruangan yang gelap. Selain itu, gangguan tidur juga berkaitan erat dengan risiko depresi. Kita tau juga kan biasanya orang depresi biasanya jam tidurnya nggak berarturan ini bisa jadi sebab akibat loh.


Jadi mulai besok malam yuk matikan lampu kamu saat tidur.



Yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


0 views0 comments

Recent Posts

See All