• klik klas

Waktu Ideal Me Time

Hai, Klikers dan Teman Baik!


Setiap memanjakan diri dengan me time, mungkin ada di antara kamu yang bertanya-tanya tentang kiranya berapa lama waktu yang perlu diluangkan untuk me time. Jika berbicara dengan teman-teman dekat, mungkin mereka memberikan berbagai saran waktu, ya. Ada yang bilang satu hari cukup, ada yang bilang di sela-sela kesibukan saja tanpa mengkhususkan waktu, bahkan mungkin ada yang bilang butuh lebih dari satu hari jika me time mau maksimal.


Apakah benar demikian?



Klikers dan Teman Baik, sejatinya tidak ada waktu saklek yang harus kamu ikuti dalam menyediakan waktu untuk me time. Menenangkan diri dan mengisi kembali energi setelah sibuk dengan tanggung jawab pekerjaan memerlukan waktu yang berbeda-beda pada setiap orang.


Ada yang tidur satu jam sudah dianggap sebagai me time, ada yang butuh me time dengan pijat atau luluran di salon, ada yang setiap harinya menyediakan waktu khusus untuk me time, ada pula yang merasa me time-nya harus jauh dari ponsel dan laptop selama beberapa hari.


Perbedaan kebutuhan pada setiap orang inilah yang membuat tidak adanya waktu fix dan saklek terkait idealnya me time. Bagi #TemaniTeman, waktu ideal me time adalah yang benar-benar bisa membuat dirimu merasa kembali fresh dan berenergi untuk siap kembali menjalani tugas dan tanggung jawab.



Jika kamu bisa memanfaatkan waktu yang sempit dengan maksimal, tentu kamu juga bisa memaksimalkan waktu itu untuk fokus me time tanpa gangguan. Namun, jika kamu lebih nyaman meluangkan waktu khusus atau hari khusus untuk me time tanpa gangguan, it’s okay! Kamu bisa luangkan waktu di akhir pekan atau mungkin ada waktu lain yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu dengan diri.


Pastinya, jangan lupa mengomunikasikan kebutuhanmu untuk tidak diganggu dengan orang lain yang memiliki relasi kerja denganmu. Hal tersebut dilakukan agar rekan kerjamu tidak menganggap kamu lalai dari tugas karena menghilang tiba-tiba dan sulit dihubungi.


Manfaatkan sebaik mungkin waktu yang ada untuk menyegarkan tubuh kembali. Luangkan waktumu untuk me time karena tanpa meluangkan waktu khusus, rasanya mungkin akan sulit untuk memberi waktu istirahat bagi diri. Harapannya, dengan me time berkualitas—singkat maupun lama—kamu bisa kembali bergerak dan #SelaluBertumbuh.

Sudah me time hari ini?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All