• klik klas

Usia Bukan Penghalang Belajar Kok!

“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”


Pernah dengan pepatah seperti itu, Klikers dan Teman Baik?


Biasanya, pepatah itu digunakan untuk menyemangati diri yang sedang malas belajar atau mungkin sedang merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya. Kalau pepatah berikut ini, pernah denger nggak?


“Tuntutlah ilmu selagi muda, kalau sudah tua jadi pelupa”


Pernah?



Kalau pernah, aneh... Soalnya nggak ada tuh pepatah kayak gitu, hehe... #TemaniTeman iseng aja bikin pepatah ngasal yang sebenarnya tidak sepenuhnya benar, ya. Belajar itu nggak pandang usia. Justru jika kamu terus belajar dan mengasah kemampuan otakmu, saat tua nanti kamu akan terhindar dari demensia dini, loh~


Nah, tulisan ini hanya ingin menyemangati Klikers dan Teman Baik yang mungkin sekarang sedang merasa terlalu tua atau telat untuk melanjutkan pendidikan. Mungkin, jika ikutan tren sosial, perjalanan belajar itu seolah lulus SMP lanjut SMA, lalu lanjut S1, lalu kalo lulus S1 kudu langsung S2, setelah itu lanjut S3 tanpa menunda. Ya, kalau memang rezekinya bisa langsung melanjutkan pendidikan tentu tidak masalah, ya. Namun, bagaimana dengan yang harus menunda dulu karena satu dan lain hal?



Tentu tidak masalah juga. Lagi pula, belajar tidak hanya dalam ruang kelas. Jika dalam dirimu ada jiwa pembelajar dengan daya juang dan rasa keingintahuan yang tinggi, kamu bisa kok belajar di mana pun dan kapan pun. Selama hal itu bisa membuatmu #SelaluBertumbuh teruslah menimba ilmu dari mana saja.


Jika suatu hari nanti kamu mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikanmu, jangan sia-siakan kesempatan itu. Usia bukanlah penghalang untuk melanjutkan pendidikan meski mungkin teman-teman di kelas nanti usianya jauh lebih muda darimu. Tetaplah percaya dengan dirimu dan tak perlu malu. Buktikan bahwa siapa pun, tua atau muda, bisa terus berjuang menimba ilmu.



Kecuali, jika di institusi tersebut ada batasan usia untuk mendaftar. Namun demikian, masih banyak institusi formal maupun informal yang membuka peluang untuk usia berapa pun lanjut belajar. Kuncinya ada pada dirimu.


Kemauan belajar, daya juang tinggi, dan rasa keingintahuan yang tinggi. So, jangan biarkan usia menjadi penghambatmu untuk terus belajar, ya. Hal ini karena sejatinya, kamu dan kita semua adalah manusia pembelajar sehidup semati :D


Semangat dan selamat terus belajar!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

3 views0 comments

Recent Posts

See All