• klik klas

Udah Mahasiswa, Masa Gitu Aja Gabisa?


Haloo Klikers dan Teman Baik, ada yang ngerasain hal yang sama kayak aku nggak sih? aku suka ngerasa sedih deh kalau liat mahasiswa pada buang sampah seenaknya. Mending sampahnya bentuknya kecil, ini botol mineral :( *eh kecil juga ga ada mending mendingnya sih.


Padahal kan udah mahasiswa, udah SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun. Udah sekolah 12 tahun tapi masih aja gatau tempat buang sampah di mana.

Okee, mungkin ada yang beralasan nggak ada tong sampah, atau yaelah satu doang ga papa, yaelah nanti juga ada yang beresin.


Kalau ga ada tong sampah bawa aja dulu sampahnya nanti juga ketemu tong sampahnya :)

Nah kalau mikirnya yaelah satu doang, yaelah ntar ada juga yang beresin. Ya mohon maaf, kalau banyak orang mikir gitu, sampahnya makin banyak atuh.

Kita semua udah banyak yang tau kan yaa, tujuan pendidikan indonesia itu yang tertera dalam "Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


Nah di sana tertera bertanggung jawab , sekolah tidak hanya tentang meningkatkan kognitif aja tapi lebih dari itu “Bertanggung jawab” dan itu termasuk buang sampah pada tempatnya :)

Mungkin ada yang nyeletuk dalam hatinya, yaelah yang kecil gini aja diributin noh ributin masalah negara yang lebih pelik, kalau mikirnya kayak gitu "ini juga penting loh, setidaknya kalau kita belum bisa berkontribusi banyak buat negara, kampus, atau lingkungan terdekat, ya jangan jadi beban. Contoh kecilnya jangan buang sampah di mana aja tapi di tong sampah. Ini adalah salah satu dari sekian banyak yang dapat kita lakukan untuk berkontribusi buat lingkungan.


Bukankah lingkungan kita akan lebih nyaman jika bersih? Ketika lingkungan kita bersih bukankah itu juga akan berpengaruh kepada suasana hati kita dan membuat kita lebih sehat mental?


Coba kan sekarang udah jadi mahasiswa, hentikan kebiasan buang sampah seenaknya yuk.

Semangat menghilangkan kebiasaan buruk dan mari memulai kebiasaan baik :)

Buang sampah? di tong sampah aja :)

Jangan lupa untuk #TerusBertumbuh bersama #TemaniTeman.

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

1 view0 comments

Recent Posts

See All