• klik klas

Tips Meringankan Target Hidup

Klikers dan Teman Baik, apakah kamu termasuk pribadi yang senang membuat target dalam hidup? Seberapa jauh kamu menyusun target hidupmu? Apakah harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan?


Menetapkan target hidup itu seru, loh! Kalau hidup nggak ada targetnya, rasanya akan membingungkan karena kamu tidak tahu apa yang mau kamu capai dalam hidup ini. Sama seperti ketika kamu ingin naik bus, kereta atau pesawat, pasti kamu harus menentukan tujuan akhirmu dulu, kan?



Biasanya, ketika berbicara tentang target hidup yang besar mungkin terasa sangat berat. Nah, kali ini #TemaniTeman mau memberikan tips yang mungkin bisa kamu gunakan untuk meringankan target hidupmu biar kamu nggak merasa stres meski punya banyak target hidup.


1. Tentukan Target Besarmu

Target besar yang ingin kamu capai di akhir hidupmu perlu untuk kamu tentukan. Apa pun itu tidak masalah asalkan kamu mempertimbangkannya dengan baik. Pertimbangkan apakah target itu bisa dicapai, realistis, dan relevan untuk dirimu. Jangan lupa, tentukan juga kapan kamu menginginkan target itu akan tercapai—waktu yang spesifik.


2. Tuliskan langkah yang perlu dilakukan

Untuk mencapai target besar, pasti kamu perlu langkah-langkah kecil untuk mencapainya. Nah, kamu bisa menuliskan langkah-langkah itu dulu sebelum menurunkannya menjadi target yang lebih kecil.


3. Turunkan langkah menjadi target tahunan, bulanan, atau mingguan.

Inilah yang bisa meringankan target besar. Setelah kamu tahu langkah yang perlu dilakukan dan berapa time limit dari targetmu, cobalah untuk menurunkannya menjadi target tahunan, bulanan, atau mingguan—jadi target harian juga boleh, loh!



Misalnya, kamu ingin menerbitkan satu buku dalam satu tahun. Kamu tentu harus menentukan tema dan mungkin target jumlah halaman. Setelah itu, tentukan di bulan apa kamu akan menentukan tema dan brainstorming ide; di bulan apa kamu mulai menulis dan bahkan bisa kamu cicil per hari harus menulis berapa halaman. Hingga akhirnya dalam satu tahun naskah bukumu bisa selesai tepat waktu.


Hal yang besar akan terasa lebih ringan jika kamu bisa memecahnya menjadi langkah-langkah kecil yang tentunya terasa ringan untuk dijalani. Manfaatkan waktu dengan baik dan tentunya disiplin dalam menyelesaikan setiap langkah yang dibutuhkan.


Selamat memecah target besar menjadi target kecil-kecil, ya! Semoga kamu bisa #SelaluBertumbuh dan mencapai target besarmu, dimulai dari langkah kecil :D


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

2 views0 comments

Recent Posts

See All