• klik klas

Tips Menemukan Akar Permasalahan Diri

Hai, Klikers dan Teman Baik!


Pernah nggak, sih, kamu merasa kesal dengan sesuatu dan menganggap suatu hal jadi masalah? Terkadang, satu masalah dengan masalah lainnya justru jadi bercampur dan membuatmu bingung, sebenarnya mana akar masalah yang perlu dicabut agar permasalahan hilang?



Sulit memang ketika berbagai masalah dan pikiran tercampur jadi satu hingga tak mampu mengidentifikasi masalah mana yang jadi akarnya. Akar masalah itu sangat penting untuk ditemukan karena jika tidak, kamu hanya akan menyelesaikan batang atau pucuk-pucuk masalahnya saja. Memang, sih, masalah akan terlihat selesai begitu saja. Akan tetapi, jika akarnya tidak dibasmi, bisa-bisa malah tumbuh masalah baru loh!

Nah, supaya kamu bisa menemukan akar masalah, #TemaniTeman mau kasih sedikit tips yang mungkin bisa membantumu menganalisis.



1. Bermula dari Why

Cobalah berpikir kritis dengan merunut kejadian dimulai dari pertanyaan “Kenapa ini bisa terjadi?” Tidak mungkin sesuatu terjadi tanpa sebab bukan? Prinsip sebab-akibat selalu hadir dalam proses identifikasi masalah. Satu masalah bisa jadi disebabkan masalah lain. Tugasmu adalah belajar untuk lebih kritis bertanya kenapa hingga sampai pada titik akhir yang mungkin tak kamu sadari sebelumnya.


2. Lanjutkan dengan Who

Aksi tentu terjadi dengan pelaku. Tak mungkin ada aksi yang dilakukan tanpa pelaku. Menemukan “Siapa yang membuat hal ini terjadi?” bisa membuatmu lebih jelas dan dalam saat menganalisis akar permasalahan. Pun jika ternyata penyebabnya adalah dirimu sendiri, hal ini bisa menjadi petunjuk dan bekal untuk proses penyelesaian masalah.


3. Perdalam dengan When

Menanyakan “Kapan hal ini terjadi?” bisa membuatmu kembali teringat kondisi dan konteks yang membuat masalah itu hadir. Ini pun bisa memperdalam analisis Why yang kamu lakukan sehingga gambaran permasalahan semakin jelas sampai ke akar-akarnya.


4. Selesaikan dengan How

Nah, setelah kamu mampu melihat gambaran masalah dengan lebih jelas dan dalam, barulah selesaikan semuanya dengan menjawab pertanyaan, “Bagaimana cara terbaik mengatasi hal ini?” Tentunya, kamu boleh meminta saran dari orang lain sebagai tambahan bahan pertimbangan. Namun, tetaplah berusaha menyelesaikan permasalahan dengan caramu sendiri karena belum tentu cara yang diberikan orang lain tepat untukmu.



Sejatinya, kamulah yang lebih paham segala permasalahan yang mungkin hadir dalam hidupmu. Kamu bisa gunakan 4 pertanyaan di atas untuk menemukan akar permasalahan, atau bisa pula gunakan cara lain yang dirasa lebih pas untukmu.

Selamat menganalisis dan semoga kamu bisa #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

4 views0 comments

Recent Posts

See All