• klik klas

Tingkatkan Rasa Percaya Diri dengan Afirmasi Positif

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Pikiran-pikiran yang hadir dalam benakmu sering kali memang sulit untuk dikontrol. Terlebih, ketika muncul pemikiran negatif yang membuatmu merasa tak mampu melakukan apa-apa. Padahal, pikiran itu biasanya hanya ketakutan-ketakutan yang belum terbukti kebenarannya.



Daripada kamu terpenjara oleh pikiran dan ketakutan yang belum pasti, alangkah lebih baik kamu melawan hal itu dengan fakta yang sudah jelas kebenarannya. Salah satunya dengan memberi dirimu afirmasi positif.

Afirmasi positif itu apa, sih?


Mudahnya, afirmasi positif merupakan kalimat-kalimat atau frasa positif yang digunakan untuk melawan pikiran tak diinginkan. Afirmasi positif dapat bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya dirimu karena bisa membangun motivasi diri sehingga terdorong untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Ini salah satu cara untuk #SelaluBertumbuh juga, loh!



Setiap diri tentunya punya mantra khusus yang bisa meningkatkan rasa percaya diri dan semangat. Bahkan mungkin tanpa sadar kamu pun sering melakukan afirmasi positif pada dirimu. Namun, kalau kamu baru belajar membiasa diri memberikan afirmasi positif, kamu bisa mulai dari hal-hal sederhana seperti:

- “Nggak apa-apa. Kamu keren sudah bertahan kuat sampai saat ini. Jangan menyerah, ya. Masih ada banyak hal yang bisa dilakukan setelah ini.”

- “Nggak ada yang sia-sia. Asal aku bisa mengambil pelajaran dan makna dari kejadian ini, mungkin aku bisa melangkah dengan rencana yang lebih matang.”

- “Aku bisa membuat kebahagiaanku sendiri dan bahagiaku nggak bergantung pada orang lain.”

- “Aku memilih untuk tetap percaya pada kemampuanku karena sudah melangkah sejauh ini.”

- “Aku bertanggung jawab atas perasaan dan pikiranku. Jadi, mending fokus dulu sama apa yang perlu kulakukan.”

- Dst.



Berbagai afirmasi dan kalimat positif bisa kamu susun sedemikian rupa untuk dirimu sendiri. Jangan lupa, ucapkanlah kalimat afirmasi itu dengan penuh perasaan agar dirimu pun bisa benar-benar memaknai dan mendapatkan efek positif setelah mendengarnya.

Kamulah yang paling tahu apa yang bisa membuatmu tenang. Oleh karena itu, jangan biarkan dirimu rapuh karena pikiran-pikiran negatif atau ketakutan yang belum pasti terjadi. Fokuslah pada kemampuan yang kamu miliki dan teruslah bertumbuh dengan jiwa positif, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All