• klik klas

Tiga Hal yang Bisa Membuatmu Berguna

Hei, Klikers dan Teman Baik!

Kadang, ada satu kondisi saat kamu mungkin merasa lelah, merasa tidak mampu melakukan banyak hal, hingga berujung ke pemikiran bahwa kamu tidak berguna. Tiap hari rasanya pekerjaan yang berhasil diselesaikan hanyalah sedikit dari yang ditargetkan. Alhasil, kamu merasa tidak produktif dan menyalahkan diri sendiri yang terlalu malas.


Untuk bangkit dari kondisi seperti itu memang tidak mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa bangkit. Terkadang ada paksaan yang perlu kamu berikan pada diri sendiri.



Nah, ketika diri ingin bangkit lagi dari rasa ketidakbergunaan itu, hindari menargetkan banyak hal yang muluk-muluk. Melihat to-do-list yang keburu banyak, biasanya sih bakal bikin kamu jiper duluan. Pikiran untuk menghindari pekerjaan yang banyak dan menumpuk mungkin masih mengganggu saat-saat kebangkitanmu.


Pun semisal kamu sangat bersemangat dalam menyelesaikan banyak target, hindari juga semangat yang berlebih. Okelah, mungkin kamu bisa menyelesaikan 6 pekerjaan sekaligus dalam satu hari. Jika setiap hari terus diforsir seperti itu, #TemaniTeman sedikit yakin kamu akan mudah jenuh dan lelah.


Mungkin, kamu perlu mencoba teknik bernama Rule of Three!



Rule of Three adalah sebuah aturan yang dilakukan dengan membatasi targetmu cukup ke tiga target utama saja dulu. Misalnya, dalam satu tahun kamu mengelompokkan targetmu jadi tiga kelompok besar—karir, pendidikan, cinta. Di setiap kelompok besar, kamu pun bisa menurunkannya jadi tiga hal besar yang ingin dicapai di setiap targetnya dan kamu tinggal menyusun langkah untuk mencapai target itu.


Atau jika kamu senang membuat target harian, buatlah tiga target yang ingin dicapai di hari itu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa fokus dan bisa menentukan prioritas pekerjaan. Tidak hanya itu, kamu pun bisa mengatur waktu istirahat yang cukup di sela-sela pengerjaan tiga target harian itu.


Melihat hanya tiga target yang perlu kamu kerjakan, kamu tidak akan merasa begitu tertekan. Kamu bisa mengatur 24 jam waktumu untuk tiga target yang harus selesai itu. Percaya deh, kalo kamu bisa menyelesaikan tiga target itu, akan muncul rasa bangga yang luar biasa.



Bangkit dari ketidakbergunaan memang tidak bisa instan. Maka, kamu bisa mulai sedikit-sedikit dari menyelesaikan tiga target setiap harinya. Soon, kamu akan menyadari bahwa sebenarnya kamu berguna karena berhasil menyelesaikan tiga target yang kamu buat setiap harinya dengan baik.


Semoga #SelaluBertumbuh, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

2 views0 comments

Recent Posts

See All