• klik klas

Tidak Semua Yang Terlihat Itu Selalu Benar

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Sudah baca berita apa hari ini? Meski kondisi masih belum sepenuhnya normal atau kamu mulai bosen dengan pemberitaan yang ada, tetap perbarui pengetahuanmu tentang apa yang terjadi di lingkungan ya!

Akan tetapi, kamu pun perlu untuk lebih kritis mengolah segala informasi yang kamu dapatkan. Saat ini, persebaran informasi sudah lebih masif dan cepat. Media sosial, aplikasi baca berita, dan berbagai broadcast message atau pesan siaran sudah menjadi perantara penyebaran berita. Menemukan informasi yang benar-benar valid adanya tentu butuh ketelitian dan pemikiran yang kritis.


Mungkin kamu pernah dapat pesan siaran tentang bahaya vaksin, tentang cara-cara menjaga imunitas selama pandemi, dan berbagai pesan siaran lain melalui aplikasi chat. Apakah ketika menerima pesan itu kamu langsung percaya atau banyak pertanyaan yang hadir?

Ketika kamu mendapatkan informasi apa pun, munculkanlah rasa penasaran dalam diri. Selain itu, kamu pun bisa bertanya pada dirimu pertanyaan-pertanyaan berikut:


- Apakah berita ini benar?

- Jika benar, sumbernya dari mana?

- Adakah kemungkinan miss information?

- Ke mana harus memastikan validitas informasi?


Jika informasi yang kamu dapatkan berasal dari orang yang kamu kenal, tentu kamu bisa menanyakan dari mana ia mendapatkan informasi tersebut. Dengan melakukan hal-hal ini, kamu bisa membangun pemikiran yang kritis dan bisa terhindar dari hoaks.


Tidak semua yang terlihat, tersebar, dan diangkat di portal berita itu benar adanya. Terkadang, kamu perlu melihat dari sudut pandang lain dengan pemikiran yang lebih luas dan kritis. Mempertanyakan validitas dan kebenaran berita bukanlah perilaku yang tabu atau terlarang. Justru dengan begitu, kamu bisa menjadi pemutus kabar hoaks dan menghindarkan diri dari fitnah atau hal-hal yang belum jelas kebenarannya.

Jadilah orang yang kritis dalam mengolah segala hal yang hadir dan datang dalam hidupmu. Tanyakan Kenapa? untuk meyakinkan hatimu. Tentunya, berusahalah untuk mencari sumber terpercaya sebelum menyebarkan informasi yang didapat agar kamu pun tidak menjadi penyebar hoaks, ya!

Semoga kamu #SelaluBertumbuh menjadi individu yang kritis bersama #TemaniTeman!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

2 views0 comments

Recent Posts

See All