• klik klas

Tidak Semua Orang Bisa Dipercaya meskipun “Close Friend”

Haloo Teman Baik, mungkin kamu udah nggak asing yaa dengan berita selebriti yang dihujat netizen karena kelalaian dia sendiri membuka apa yang seharusnya jadi konsumsi pribadi tapi jadi konsumsi masyarakat luas? Beberapa bulan yang lalu mungkin kita pernah dihebohkan dengan tulisan seorang selebgram yang baru cerai dengan anak ustadz terkenal, di tulisan itu tertulis alasan mengapa mereka berpisah dan jadi sangat viral padahal diposting lewat fitur instagram close friend.

Mungkin pada awalnya sang mantan istri tidak mengira bahwa postingan akan menjadi viral karena dia berpikir itu hanya akan dibaca oleh teman-teman dekatnya saja, tapi apa boleh buat ternyata di antara teman dekatnya di instagram ada yang menyebarkanya sampai viral dan sampai terbaca ke mantan suaminya, keluarganya, teman temanya bahkan masyarakat Indonesia yang sebenarnya tidak punya kepentingan apapun untuk mengurusi permasalah mereka.


Padahal itu adalah tulisan yang tidak layak untuk diketahui banyak orang karena sangat personal, tapi atas kelalaian dia, tulisan itupun jadi konsumsi publik. Nah jadi, dari kasus tadi kita seharusnya sadar bahwa memang tidak semua orang bisa kita percaya apalagi di social media yang kita tidak bisa mengontrol orang lain terhadap postingan kita. Ketika sesuatu sudah kita upload di social media kita harus siap postingan kita akan tersebar. Maka, bijaklah untuk memposting sesuatu.


Apalagi hari ini kita sering lihat, selebriti bahkan orang biasa sering terkena hujatan masyarakat hanya karena tulisan dia atau postingan dia di masa lalu yang tidak sesuai dengan tulisan dia hari ini. Itulah jejak digital, tidak bisa kita kontrol dengan sangat mudah hanya dengan bermodalkan hapus postingan. Apa apa yang pernah kita posting, selama ada orang yang lain yang menyimpanya, jejak postingan itu akan selalu ada dan tidak mudah untuk kita mengontrol dan mencari tau siapa yang menyimpanya.

"Jadi, berhati hatilah untuk membagikan apapun di social media meskipun kamu mempostingnya di fitur close friend."

Kamu tidak pernah tau hati orang lain seperti apa dan tidak semua orang bisa kamu percaya untuk menjaga rahasia. Jadi, jika memang postingan kamu tidak layak untuk disebarluaskan dan hanya konsumsi pribadi, simpanlah jangan sebarkan.


Jadi lebih bijak lagi yaaa dengan social media, sebarkan yang baik baik aja kalau bisa

6 views0 comments

Recent Posts

See All