• klik klas

Tidak Selamanya Perfeksionis Itu Bagus Loh

Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang suka stress sendiri sama sifat perfeksionisnya? Merasa sebenarnya udah capek banget tapi nggak bisa ngeliat sesuatu nggak sesuai keinginan jadinya capek sendiri? atau di antara yang baca sebenarnya punya sifat perfeksionis tapi nggak nyadar?

Ayoo kita baca dulu deh ya pengertian perfeksionis.

"Perfeksionis adalah sebuah pandangan yang dimiliki oleh seseorang, yang menyakini bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik, baik itu dalam aspek fisik maupun non materi."

Jadi seorang perfeksionis dia selalu punya dorongan dari dalam diri untuk terus menerus memiliki kehidupan yang berjalan sempurna.


Menjadi perfeksionis itu bagus karena dia akan mengerahkan semua usahanya untuk menghasilkan yang terbaik, dia juga akan bekerja keras kadang sampai tidak kenal lelah, dia selalu termotivasi untuk terus menerus menjadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.


Namun, terkadang menjadi perfeksionis itu tidak selalu baik di semua kondisi karena menjadi yang terbaik itu beda dengan menjadi perfeksionis dan terkadang menjadi perfeksionis bisa mengarah ke perilaku menyusahkan diri dan menyusahkan orang lain.

Jadi teruntuk teman baik yang punya sifat perfeksionis, harus sadar yaa kapan ego sifat perfeksionis itu harus diredam.


Nah, tapi biasanya ada nih yang saking perfeksionisnya tapi dia juga baik hati tidak mau merepotkan orang lain di sekitarnya, dia memilih untuk mengerjakan semuanya sendiri, akhirnya dia lelah sendiri dan merasa orang lain tidak mau membantunya dan merasa berjuang sendiri, padahal orang lain sebenarnya mau ko bantuin dia.


Jadi, teruntuk para perfeksionis bagilah bebanmu dan berikan kepercayaan orang lain untuk membantu pekerjaanmu apalagi jika memang itu tugasnya.


Aku sadar memang nggak mudah bagi para perfeksionis untuk membagi bebanya, tapi sebenarnya bisa diperjuangkan agar kita tidak terlalu perfeksionis akan sesuatu hal.


Nah ini beberapa hal di kutip dari artikel Brown University untuk mengatasi perfeksionisme


· Sadar bahwa ketika ada yang salah, kita bisa mendapatkan pelajaran dari kesalahan tersebut

· Buat target yang masuk akal

· Ubah pola pikir bahwa kesuksesan tidak harus selalu sempurna tanpa cela

· Fokus terhadap proses tidak hanya hasil


Mulai sekarang perlahan kita harus sadar bahwa menjadi perfeksionis itu tidak selalu bisa kita pakai di segala situasi dan kita nggak bisa terus terusan menunggu sesuatu sampai hal itu sempurna tanpa cela, kita sudah banyak melihat banyak ko pekerjaan atau karya yang justru menjadi sempurna justru karena kesalahan itu sendiri.


0 views0 comments

Recent Posts

See All