• klik klas

Tidak Ada yang 100% Siap Menjadi Orang Tua

Halo, Klikers dan Teman Baik!


Pernah dengar istilah child-free? Istilah tersebut sempat ramai, ya, karena ada influencer yang mendeklarasikan dirinya tidak ingin punya anak. Alasannya sebenarnya masuk akal, karena dia khawatir tidak bisa mendidik anak dengan baik dan tidak ingin menjadikan anaknya investasi bagi dirinya. Singkatnya, kalo mau punya anak ya kudu tanggung jawab penuh sebagai orang tua.



Di satu sisi, memang benar, jika kamu sudah menikah dan ingin punya anak, tentu kamu bertanggung jawab atas anak itu. Kamu perlu memberikannya pendidikan yang baik, lingkungan yang baik, dan menjaganya hingga anakmu bisa mandiri atas hidupnya sendiri. Jadinya, banyak orang yang berpikir kalau tidak siap untuk punya anak dan jadi orang tua yang baik, ya, jangan punya anak.


Klikers dan Teman Baik, sama halnya seperti tidak ada yang 100% siap untuk menikah, tidak ada pula yang 100% siap menjadi orang tua. Peran sebagai orang tua itu sangat besar dalam hidup anak. Tentu kalau kamu merasa dirimu belum cukup secara ilmu dan bekal untuk menjadi orang tua, itu sangat wajar. Hanya saja, jangan sampai rasa kurang itu jadi membuatmu berhenti belajar.


Kalau semua berpikir tidak usah punya anak karena tidak (pernah) siap menjadi orang tua, bisa-bisa populasi manusia semakin berkurang dan nggak mungkin manusia jadi punah. Duh, #TemaniTeman mikirnya kejauhan, ya?



Namun demikian, sebenarnya kamu bisa kok mengantisipasi ketidaksiapan itu. Namanya juga hidup dan nggak ada kata cukup untuk belajar dalam hidup. Kamu dan kita semua harus terus belajar agar diri ini #SelaluBertumbuh dan menjadi lebih baik lagi. Sama halnya ketika diri merasa tidak siap menjadi orang tua.


Tidak ada yang 100% siap menjadi orang tua. Pasti ada saja rasa kurang ini, kurang itu, sehingga merasa diri belum layak menjadi orang tua yang baik. Akan tetapi, rasa kurang itulah yang akan membuatmu terus belajar dan terus membekali diri. Beda generasi, beda jaman, tentu beda cara dalam mengasuh anak. Memahami perbedaan itu, kamu pun punya ruang untuk terus meng-upgrade ilmu parenting-mu.


Menjadi orang tua memang tidak ada sekolah resminya. Akan tetapi, saat ini banyak banget kelas-kelas yang bisa kamu ikuti untuk menyiapkan diri menjadi orang tua. Jadikan ketidaksiapanmu ruang untuk selalu belajar dan berkembang menjadi orang tua yang semakin baik seiring perkembangan jaman.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All