• klik klas

Tidak Ada Masalah Yang Sepele

Klikers dan Teman Baik, apa kamu tahu kisah tenggelamnya kapal Titanic? Kalau tidak salah, kapal yang diklaim maha hebat dan tidak akan pernah tenggelam itu justru tenggelam karena menabrak sebuah gunung es. Gunung es yang terlihat begitu kecil di atas permukaan laut, tetapi nyatanya, bongkahan super besar tersembunyi di dalam laut.



Ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah itu. Bagaimana para petinggi menyombongkan diri dan merasa bongkahan kecil gunung es di permukaan laut tidak akan sanggup menenggelamkan kapal itu. Nyatanya, menyepelekan hal kecil bisa berdampak sangat besar dan berbahaya jika kamu tak sadar bahwa ada hal lain yang tersembunyi di baliknya.


Sama halnya seperti masalah.


Setiap orang pasti memiliki masalah yang berbeda-beda. Namun sayangnya, masih banyak yang suka membandingkan dan merasa dirinya paling sengsara karena masalahnya adalah yang paling berat. Tak jarang, sikap tersebut membuat diri luput dan malah menyepelekan masalah orang lain.



Klikers dan Teman Baik, mungkin masalah yang terlihat sepele untukmu ternyata menjadi petaka bagi orang lain. Sama seperti kamu menganggap masalahmu super besar, tetapi mungkin ada orang lain yang justru menanggapi dengan, “Alah, gitu doang mah masalah kecil. Sepele banget, apa dipusingin.”


Pernah mendapat tanggapan seperti itu?


Kalau pernah, yuk, kita coba putus rantai membanding-bandingkan masalah dan menyepelekan masalah orang lain. Hal ini karena masalah hidup setiap orang bagaikan gunung es di lautan—terlihat kecil di permukaan, tetapi nyatanya super besar di dalamnya.

Kamu tidak pernah tahu apa yang sudah dilalui oleh orang lain dan pengalaman apa yang mengisi hidupnya. Kamu pun mungkin tidak tahu trauma yang mungkin sedang berusaha dilawannya. Daripada kamu dengan ringannya menyepelekan masalah orang lain, alangkah lebih baik jika kamu bisa #TemaniTeman yang butuh dukungan.



Siapa pun yang sedang menghadapi masalah dalam hidup tentu memerlukan dukungan dan kalimat afirmasi untuk meyakinkan bahwa diri mampu melewati semuanya. Terkadang, hadir di sisi pun sudah cukup. Kamu tak perlu bicara apa pun jika memang tak tahu harus berkata apa karena di situasi seperti itu, terkadang diam adalah emas.


So, sudahi sepelekan masalah orang lain. Kamu pun tidak mau masalahmu disepelekan orang lain, kan? Yuk, #SelaluBertumbuh menjadi pribadi yang lebih peka, peduli, dan memahami orang lain tanpa menyepelekan hal-hal yang sedang dihadapinya.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

2 views0 comments

Recent Posts

See All