• klik klas

Tetap Pede Meski Jerawat Menyerang

Halo, Klikers dan Teman Baik!


Siapa di sini yang rempong banget kalau muncul satu kawan kecil di wajah bernama jerawat?


Wah, biasanya, jerawat ini jadi masalah krusial dalam masa pertumbuhan, ya. Fluktuasi hormon dan perkembangan diri yang semakin dewasa tak jarang membuat jerawat menjadi kawan harian yang juga bikin greget. Kamu merasa wajahmu jadi jelek, nggak karuan, bahkan mungkin ekstremnya sampai nggak mau ketemu siapa-siapa.



Jangan sampai, deh, satu jerawat kecil malah merusak hari-hari menyenangkanmu. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap percaya diri meski jerawat menyerang, loh!


1. Ubah Pola Pikir

Jika dulu kamu berpikir bahwa jerawat menghancurkan hari-harimu, cobalah ditilik lebih jauh lagi. Apakah agendamu jadi berantakan karena jerawat atau karena ketakutanmu diledek orang lain yang melihat jerawat itu?


Sebenarnya, kalau kamu bisa membangun persepsi bahwa jerawat adalah salah satu teman bertumbuh dan berkembang semakin dewasa, kamu bisa kok berdamai dengannya. Jerawat cuma diem di situ aja dan kamu yang punya “kuasa” atas wajahmu bisa melakukan banyak hal untuk mengakali kehadiran jerawat itu. Fokuslah pada apa yang bisa kamu lakukan.




2. Kelola Stres dengan Baik

Biasanya, jerawat muncul kalo kamu lagi stres karena ketika stres pun ada perubahan hormon dalam tubuh. Artinya, kemunculan jerawat bisa jadi sebuah pertanda bahwa kamu perlu mengelola stresmu dengan lebih baik. Betapa baiknya jerawat mengingatkan akan tingkat stresmu sehingga kamu bisa mengantisipasi dan berefleksi diri lagi tentang kondisi dirimu.


3. Manajemen Pola Hidup

Tentunya, tidak kalah penting untuk memanajemen pola hidupmu dengan baik. Makan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizimu, tidur cukup, dan mampu mengelola stres dengan baik bisa menjadi fokus utama dalam manajemen pola hidup. Dengan pola hidup sehat dan seimbang, jerawat nggak akan bandel-bandel banget!


4. Antisipasi dan Tangani Jerawat dengan Bijak

Biar kamu lebih pede, kamu bisa tutup jerawatmu dengan plester khusus jerawat dan hindari gunakan make up berlebih supaya wajahmu bisa rileks. Nggak ada salahnya menabung dan merogoh kocek untuk membeli skincare agar kulitmu bisa lebih terjaga, ya!



Nah, semoga beberapa tips dari #TemaniTeman bisa membantumu lebih pede meski jerawat menyerang, ya! Semoga #SelaluBertumbuh!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All