• klik klas

Tetap Pede Dengan Profesimu Selama Baik dan Halal

Hei, Klikers dan Teman Baik!


Apakah kamu sekarang masih sekolah? Atau sudah bekerja?


Tidak jarang kehidupan dan kesuksesan diukur dari seberapa keren jurusan kuliahmu atau seberapa menjanjikan pekerjaan yang menjadi profesimu. Perdebatan tentang “Nanti kerja apa?” selalu hadir dalam diskusi orang tua dan anak yang akan melanjutkan ke jenjang kuliah, pun lulus kuliah.


Pernahkah kamu tiba-tiba insecure dengan jurusan kuliahmu/pekerjaan yang sedang kamu geluti karena dianggap tidak keren, tidak menjanjikan, dan tidak bergengsi oleh orang lain?



Tentunya, jika anggapan itu hadir dari keluarga terdekat, rasanya sangat menyesakkan dan menyebalkan, ya. Bahkan mungkin kamu jadi mempertanyakan pilihan hidupmu yang dulu kamu pilih dengan penuh percaya diri. Ke mana kepercayaan diri itu pergi?


Klikers dan Teman Baik, jika kamu sedang dilanda kegalauan soal profesi yang sedang/akan kamu geluti, tak apa menjeda sejenak dan memikirkannya secara lebih dalam. Tentu setiap diri memiliki pertimbangan-pertimbangan khusus hingga sampai pada satu keputusan. Nah, pikirkan lagi alasan dan tujuan awalmu memilih hal itu.


Utamanya, pikirkan apakah profesi itu berkah, baik, dan halal atau tidak melanggar norma agamamu?


Jika profesi itu baik dan halal, juga tidak ada kejahatan di dalamnya, tetaplah percaya diri dengan pilihanmu. Kamu bisa mengomunikasikan argumenmu pada mereka yang meragukan keputusan itu. Terlebih jika profesi itu tetap bisa membuatmu #SelaluBertumbuh dengan nyaman dan bahagia, tentu kamu akan lebih enjoy dalam menjalaninya.



Tidak apa-apa jika kamu menyeleksi saran-saran yang masuk dari orang lain. Jadikan hal itu bahan pertimbangan, tetapi jangan sampai membuatmu mengambil keputusan hanya karena takut jadi bahan omongan. Toh, apa pun pilihanmu, orang yang tidak suka dan lambe turah akan terus menjadikanmu bahan omongan. Dirimu pun tak bisa menutup mulut seluruh manusia yang ada.


So, alangkah lebih baik jika kamu tetap fokus pada kebutuhan dirimu. Jadikan omongan orang lain sebagai opsi pertimbangan dan tetap percaya diri dengan profesimu jika kamu sudah memilihnya. Siapa tahu profesimu malah bisa membantu lebih banyak orang dan #TemaniTeman yang membutuhkan dirimu!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All