• klik klas

Tertarik Pada Orang yang Serupa atau yang Saling Melengkapi?

Halo, Klikers dan Teman Baik!


Semisal ada pertanyaan, dalam memilih pasangan kamu lebih mengutamakan yang hampir semuanya sama atau yang berbeda tapi saling melengkapi?


Sama dalam hal ini maksudnya adalah hobinya sama, mungkin jenjang pendidikannya sama, jurusannya sama, makanan kesukaannya sama, dan berbagai hal lainnya sama. Beda dengan yang saling melengkapi, mungkin ada perbedaan banyak di antara kalian, tetapi justru itulah yang bisa melengkapi satu sama lain.



Sebenarnya, untuk menjawab pertanyaan itu kamu hanya perlu bertanya pada dirimu sendiri. Kamu lebih suka dapat pasangan yang apa-apa sama denganmu, atau nggak masalah dengan perbedaan yang penting saling melengkapi?


Nah, kedua jenis kriteria itu pun punya hal positif dan negatifnya, lho ...


Kalau kamu lebih suka sama orang yang lebih banyak samanya dengan kamu, mungkin bisa enak dijadikan teman mengobrol, ya. Kalian bisa sama-sama membicarakan soal hal yang kalian suka dan nyambung. Selain itu, mungkin kalo jalan bareng nggak perlu berantem untuk hal-hal sepele. Apalagi kalau kalian suka makanan yang sama dan minuman yang serupa.


Hanya saja, terkadang kesamaan ini bisa membuat bosan. Kamu tidak bisa mencicipi hal baru karena apa-apa yang kalian minati sama. Oleh karenanya, kamu perlu banget mengantisipasi kebosanan ini. Apalagi jika sudah menjadi pasangan seumur hidup yang terikat dalam pernikahan, perlu ada cara yang kamu siapkan supaya bisa jatuh cinta berulang kali pada pasanganmu meski kesamaan kalian sering membuat bosan.



Di sisi lain, andaikan kamu lebih suka pasangan yang berbeda, mungkin kamu berpikir kalian bisa saling melengkapi. Kamu juga jadi bisa mendapatkan pandangan baru dari percakapan yang berbeda topi. Atau jadi bisa mencicipi makanan yang beda dan kalian nggak perlu merebutkan menu yang sama.


Namun demikian, nggak jarang perbedaan ini membuat cekcok antar kalian. Perselisihan kecil yang bisa jadi besar andaikan kamu nggak menemukan cara untuk mengantisipasinya. Oleh karena itu, temukanlah cara terbaik jika perselisihan itu terjadi. Dengan demikian, kamu bisa mengantisipasi masalah dan percekcokan kecil agar tidak menjadi masalah besar.


Nah, gimana nih Klikers dan Teman Baik? Sudah menyiapkan antisipasi untuk hal terburuknya?


Semoga dengan persiapan yang baik, kamu dan pasanganmu bisa #SelaluBertumbuh dan saling #TemaniTeman satu sama lain!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All