• klik klas

Ternyata, Role Model Itu Ga Harus Selalu Positif lho…

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Sejak kecil, pasti kamu pernah memiliki satu sosok yang selalu dijadikan contoh. Satu sosok yang ingin selalu kamu ikuti gaya berpakaiannya, gaya bicaranya, profesinya, atau bahkan segala hal dalam kehidupannya ingin kamu tiru. Mungkin sosok itu adalah role model atau sosok teladan bagimu.

Namun, apakah seorang yang dijadikan teladan itu selalu orang yang baik dan keren?


Ternyata, ada lho yang namanya negative role model atau sosok teladan negatif. Tentunya, negative role model berkebalikan dari ciri-ciri role model yang kita kenali sebagai seorang yang keren, baik, dan segala perbuatannya patut dijadikan contoh. Pada negative role model, kamu bisa menjadikan sosok itu sebagai seorang yang memiliki perbuatan tidak layak ditiru. Sosok itu menjadi standar contoh dari hal-hal tidak baik yang tidak ingin kamu tiru.


Misalnya, kamu punya seorang teman yang setiap hari selalu mengeluh. Rasa-rasanya tidak ada hal baik yang bisa ia syukuri pun banggakan. Kamu pun jenuh dengan segala kalimat keluhannya dan membatin, “Aku nggak akan jadi orang kayak dia! Aku nggak mau jadi orang yang terus ngeluh.”

Dengan menanamkan pernyataan itu dalam dirimu, sebenarnya kamu sudah menjadikan temanmu yang suka mengeluh sebagai negative role model. Hal ini membuatmu justru teringat pada temanmu itu setiap akan mengeluh. Alhasil, ketidaksukaanmu dengan sifat pengeluhnya membuat kamu terdorong untuk dan termotivasi menjadi sosok yang lebih baik dari temanmu.


Nah, kamu mungkin tidak selalu bertemu dengan orang keren nan baik hati setiap waktu. Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki role model. Siapa tahu, orang-orang yang tidak keren dan tidak baik justru bisa menjadi negative role model untukmu. Mereka pun bisa membuatmu termotivasi untuk #SelaluBertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari sosok yang kamu jadikan negative role model karena kamu tidak ingin menjadi seperti mereka.

Selama ada orang-orang yang bisa mendorongmu untuk terus bertumbuh dan berkembang, mereka bisa kamu jadikan role model dan teladan dalam hidup. Bisa jadi, selama ini ternyata kamu memiliki banyak role model, loh!

Semangat untuk terus berproses menjadi lebih baik, ya! Semoga #TemaniTeman bisa menjadi salah satu teman baik dan role model buatmu :D


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

0 views0 comments

Recent Posts

See All