• klik klas

Terbebas dari Belenggu Masa Lalu

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Wah, nggak kerasa, ya, suasana kemerdekaan kembali bergaung di Indonesia. Walaupun masih dalam kondisi pandemi seperti ini, semoga tidak menyurutkan semangat kemerdekaanmu, ya!

Di momen kemerdekaan ini, mungkin kamu perlu merenungi kembali makna dari sebuah kemerdekaan. Salah satu definisi merdeka versi #TemaniTeman, merdeka bisa dimaknai sebagai kebebasan dari hal-hal yang sebelumnya mengekang diri ini.


Nyatanya, merdeka hanyalah satu kata yang tak bisa begitu saja tercipta. Seperti kemerdekaan Indonesia yang melalui proses panjang, hingga mendapatkan kedaulatan negara pun masih harus berjuang untuk merdeka dari korupsi, merdeka dari pandemi, dan merdeka dari segala sisi yang perlu banyak dibenahi.

Bagaimana denganmu? Apa ada satu hal yang sudah terlepas bebas darimu dan kamu merdeka darinya?


Memang, diri ini mungkin tidak akan benar-benar terlepas dari ikatan-ikatan yang membelenggu. Namun, jika ada satu saja kebebasan yang terpenuhi dalam hidupmu, tentu itu menjadi satu hal yang patut disyukuri dan diapresiasi, kan?

Contohnya, kebebasan dari emosi negatif tersebab pengalaman buruk di masa lalu. Semua orang punya masa lalu, semua orang pun punya mimpi buruk. Namun, setiap diri memiliki waktunya sendiri untuk merdeka dan terbebas dari belenggu masa lalu. Begitu pula kamu.


Jika kamu termasuk diri yang masih dibayang-bayangi oleh pengalaman buruk di masa lalu, mungkin momen kemerdekaan ini bisa menjadi salah satu titik balik berdamai dengan itu.

Tidak ada yang mudah, pun sebenarnya tidak ada yang selamanya sulit. Menjadi diri yang baik-baik saja setelah memiliki pengalaman buruk di masa lalu tentu memerlukan proses yang panjang. Hanya saja, kamu tidak akan mencapai kebebasan itu jika tidak memulai untuk berdamai dengannya.

Kamu tahu?

Mungkin masa lalu yang buruk itulah yang membuatmu menjadi sosok yang lebih kuat dan tangguh di masa kini. Mungkin masa lalu yang buruk itulah yang membuatmu mampu melihat hal-hal lebih indah di masa kini.


Dan mungkin, masih banyak hal yang bisa kamu maknai dengan sudut pandang lain ketika diri mau berdamai dengannya.


Berdamai dan terbebas dari belenggu masa lalu akan membuatmu menjadi pribadi yang #SelaluBertumbuh. Itu karena kamu akan terus berproses menjadi diri yang lebih baik agar tidak mengulangi hal buruk di masa lalu itu.


Jadi, apakah kamu sudah merdeka dari masa lalu yang membelenggu?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.


5 views0 comments

Recent Posts

See All