• klik klas

“Tenang, Tenang yang Tak Kunjung Datang…” Lirik yang Pas Saat Nggak Betah Di Tempat Kerja

Pandemi belum kelihatan ujungnya, pekerjaan semakin berat, liburan kayaknya hanya bisa sampai ke angan-angan…


Pernah nggak Klikers dan Teman Baik mengalami burn out di tempat kerja? Gampangnya, kamu ngerasa capek banget dengan pekerjaan sampai rasanya mau meledak. Buat generasi millennial yang masih fresh banget memang keadaan seperti ini seringkali dijumpai, apalagi saat kamu sedang memasuki fase quarter life crisis.

Jadi begini Klikers dan Teman Baik, saat kamu galau dengan pekerjaan pasti di pikiran dan perasaanmu tidak netral. Ada keinginan untuk resign, tapi disatu sisi kamu butuh penghasilan dan pengalaman.


Belum lagi kalau tempat kerja jauh dari rumah atau kos, belum lagi kalau job description nya nggak cocok sama kamu, belum lagi komentar orang lain saat kamu memilih bekerja di perusahaan kecil-kecilan atau start up yang ngga dikenal sama generasi nenek kakek kita semua, belum lagi kalau lingkungan kerjamu kurang mendukung, belum lagi kalau gajimu nggak seberapa dengan dedikasimu.


Dan masih banyak ‘belum lagi’ yang lain yang menimbulkan gejolak dalam dirimu.

Akhirnya muncul deh pertanyaan, “Sebenarnya, apa yang aku cari dalam hidup. Dapet uang tapi kok nggak bahagia dan tenang ya?” Sangat bisa dipahami mengapa kamu bisa memiliki pertanyaan demikian…


Kalau kamu baru pertama kali bekerja dan ingin buru-buru resign karena mungkin nggak cocok dengan budaya di tempat kerja, artinya jiwa eksplorasimu masih tinggi. Banyak hal yang masih ingin kamu cobain dan cari sampai menemukan dengan pekerjaan yang betul-betul ‘kamu banget’.


Memang benar adanya bahwa separuh hidup kamu adalah berada di fase bekerja. Jadi sah-sah saja jika ingin mencari tempat kerja yang nyaman. Tapi, mau seberapa lama mencari? Inilah yang perlu kamu yakini bahwa mencari ketenangan di tempat kerja tidak perlu dengan mencari tempat kerja yang ideal. Tidak semua semua yang sempurna itu baik lho.

Berpikir jernihlah.

Bisa saja kamu ditakdirkan berada di lingkungan kerja yang penuh tekanan, tapi ternyata karena itulah kamu bisa tahan banting dan jadi lebih kuat. Bisa saja kamu berada di lingkungan yang karyawannya kurang bersemangat kerja sehingga atmosfer nya jadi negatif.


Siapatahu peranmu dibutuhkan disitu untuk #TemaniTeman mu yang membutuhkan asupan semangat. Bahkan nantinya hal itu bisa menjadi nilai plus dari atasan jika kamu bisa memperbaiki keadaan. Dimanapun kamu bekerja, kamu pasti bisa untuk #SelaluBertumbuh asalkan ada niat yang baik 😊


Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang mengambil Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

10 views0 comments

Recent Posts

See All