• klik klas

Takut Menjadi Dewasa



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang sering overthinking ketakutan menyambut kehidupan dewasa? Sering overthingking eh aku bisa sukses nggak ya? Eh aku nanti di masa dewasa bisa bahagia nggak ya? Eh aku jodohnya siapa yaa? Nanti nikahnya usia berapa ya? Nanti aku bakalan kerja di mana yaa? Rasanya pertanyaan itu selalu muter muter di otak kita sampai pada akhirnya kita ketakutan sendiri dengan masa depan yang kita nggak tau gambarannya gimana.


Klikers dan Teman Baik, aku paham ketakutan yang kamu rasakan adalah valid dan wajar banget kamu rasakan karena kenyataanya memang kehidupan dewasa nggak semudah itu, banyak tanggung jawab baru yang harus dipikul, banyak standar masyarakat yang diharapkan terjadi sama kita, banyak yang nanya ini dan itu kapan. Kayaknya tanggung jawab kita memang nggak pernah berhenti. Dimulai ditanya kapan lulus, beralih ke kapan nikah, beralih ke kapan punya anak, kapan punya rumah dan kapan kapan lainya. Waduh ribet bukan pertanyaannya?



Eh tapi perlu kamu ketahui juga bahwa kehidupan dewasa juga tidak semenyeramkan itu sih, kita masih bisa menikmatinya dengan tawa dan canda, kita masih bisa bahagia ko selama kita bisa enjoy menikmatinya.


Klikers dan Teman Baik, kalau hari ini kamu masih mau menuju dewasa, nggak papa kamu merasa ketakutan tapi ketakutan itu jangan sampai membawa kamu menjadi depresi dan malah putus asa akan masa depan.


Idealnya ketakutan yang kamu rasakan hari ini adalah bahan bakar untuk kamu agar bisa mempersiapkan masa depan dengan lebih matang dan pernuh persiapan. Misal hari ini kamu ketakutan banget akan masa depan dan posisi kamu sekarang sedang kuliah. Kamu bisa membuat perencanaan kehidupan dimulai dari bagaimana caranya bisa lulus tepat waktu, gimana caranya upgrade skill biar ketika lulus nggak bingung mau kerja apa, mulai hari ini bisa daftar magang misalnya, banyak banget yang bisa kita persiapkan dari sekarang.


Misal kamu mau S2, dari sekarang coba cari info beasiswa atau kamu segera merenung sebenarnya mau jurusan apa sih.


Klikers dan Teman Baik, overthinking kamu, ketakutan kamu harus menjadi bermanfaat salah satunya menjadi bahan bakar untuk kamu terus bergerak maju ke arah yang lebih baik.


Jadi semangat yaa kamu, hidup beranjak dewasa tidak semenakutkan itu koo. Trust me! Hehe


Jangan lupa #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


0 views0 comments

Recent Posts

See All