• klik klas

Susah Bangkit? Cek Mindset-mu!

SUSAH BANGKIT? CEK MINDSET-MU!


Halo, Klikers dan Teman Baik!

Jatuh bangun dalam hidup memang hampir selalu terjadi, ya. Kecuali, kamu memang terlahir dengan hidup yang lempeng dan selalu berhasil dalam segala hal. Banyak-banyaklah bersyukur kalau memang hidupmu dipenuhi keberhasilan :D


Namun, bagaimana dengan kamu yang terus menerus jatuh bangun dalam hidup?


Rasanya, berkali-kali jatuh bisa bikin kapok dan susah bangkit lagi. Iya nggak, sih?


Eh, tapi tunggu dulu!



Sebenarnya, susah atau tidak semua tergantung pola pikir dan caramu memandang sesuatu. Ada orang yang ketika nggak semangat, dia baca qoutes penyemangat atau buku pengembangan diri, bisa langsung semangat dan gas pol memperbaiki kesalahan sebelumnya. Dengan cepatnya ia bangkit dari keterpurukan.


Di sisi lain, ada pula seseorang yang sudah berkali-kali ikut training motivasi, baca berpuluh buku pengembangan diri dan self-help, tapi kok nggak kunjung bangkit, ya? Rasanya masih terpuruk aja dan susah buat maju lagi.


Hayo, kamu termasuk yang mana, nih?


Mungkin, malah jadi bertanya juga, ya. Memang apa, sih, yang membedakan dua orang itu?


Kok bisa yang satu langsung gaspol, yang satu lagi diem di tempat?



Jawabannya, kemauan dan daya lenting diri!


Mau beribu training motivasi atau buku yang dibaca, mau sampai orang berbusa-busa memberi saran padamu untuk kembali melangkah maju, kalau dari kamunya sendiri nggak mau bangkit dan kembali struggle dengan hidup, ya, nggak akan bangkit.


Kalau kamu terus bilang susah, nggak bisa, dan segala label negatif yang membuatmu berpikir kamu tidak mampu, semuanya akan terjadi seperti yang kamu pikirkan.


Oleh karena itu, kamu bisa kok mengubah mindset dan menguatkan daya lentingmu untuk bangkit dari keterpurukan dan kegagalan. Asal kamu mau bangkit dan bergerak, sekecil apa pun itu, kamu akan bangkit. Jangan remehkan progres yang kecil, ya!



Perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, ajak dirimu kembali bergerak dan #SelaluBertumbuh. Kamu tidak harus memulai langsung dari yang rumit. Mulai saja dari membiasakan hal-hal kecil seperti coba olahraga lagi selama 5 menit, bangun lebih pagi, dan mungkin mengerjakan hal-hal sederhana yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawabanmu.


Kemauan diri untuk bangkit dan mau struggle lagi, itulah yang akan menolongmu untuk kembali bangkit. Hanya dirimu, juga atas bantuan Yang Maha Kuasa, yang bisa menolong dan menggerakkan kaki untuk melangkah.


So, semoga kamu bisa terus menerus bangkit meski hidup terus menerus menjatuhkanmu, ya! Yakinlah, semuanya terjadi untuk membuatmu semakin gigih dan semakin resilien dalam menghadapi segala ketidakpastian dalam hidup.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All