• klik klas

Sudahkah kamu menemukan Big Why Dalam Hidup?

Hai, Klikers dan Teman Baik! Masih setia bersama #TemaniTeman?

Setiap kegiatan, pilihan, dan pekerjaan yang kamu lakukan tentu tak pernah lepas dari alasan yang mendasari di baliknya. Biasanya, alasan inilah yang memotivasimu untuk terus bergerak mencapai tujuan. Namun demikian, sejauh mana kamu memikirkan alasan yang mendasarimu untuk melakukan sesuatu?





Mempertanyakan alasan besar (big why) yang kamu pegang sebagai penopang setiap gerak dan keputusan tentu sangat penting dilakukan di awal. Tanpa alasan yang kuat, kamu bisa mudah untuk terombang-ambing dan terpengaruh oleh pencapaian orang lain. Misalnya saja, ketika kamu memilih untuk kuliah lagi, apakah hanya untuk memenuhi keinginan agar seperti teman-teman? Atau supaya mendapatkan gelar yang meninggikan prestise? Atau apa?


Dengan atau tanpa disadari, keputusan yang kita buat sering kali disebabkan oleh dorongan “tidak mau kalah” dari orang lain. Jika demikian, sepertinya kamu perlu untuk lebih kritis dalam mengkaji ulang motivasi di setiap pilihan dan keputusanmu.


Berpikir kritis soal motivasi internal dan alasan besar yang membuat kamu ingin terus melangkah bisa menjadi fondasi kuat agar kamu tidak mudah terguncang angin besar. Semua bisa dimulai dari 3W yang utama.


- What: Apa yang ingin kamu capai/lakukan/dapatkan?

- Why: Mengapa kamu harus melakukan/mencapai/mendapatkan hal itu?

- Who: Siapa yang akan mendapatkan manfaat dari keputusan itu? Apakah hanya diri sendiri atau bisa bermanfaat secara lebih luas?


Tiga pertanyaan itu bisa membantumu untuk semakin kritis sebelum mengambil keputusan. Hal ini dilakukan agar keputusanmu tidak berdasarkan nafsu dan ego semata. Melainkan, ada kebermanfaatan yang juga bisa didapatkan, tidak hanya untuk dirimu sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Kuat atau tidaknya Why yang kamu tanamkan hanya bisa dinilai oleh dirimu sendiri.

Dengan membiasakan bertanya tiga hal di atas, kamu bisa berlatih untuk kritis dan bisa jadi mendapatkan alasan terkuat dan terbesar yang membuatmu tidak akan mudah goyah. Big why akan membuatmu bertahan meski rintangan yang dihadapi begitu besar dan sulit ke depannya.


Semoga kamu #SelaluBertumbuh menjadi pribadi yang kritis terhadap keputusan dan pilihan yang diambil, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

3 views0 comments

Recent Posts

See All