• klik klas

Sudah Katakan "Terima Kasih" Untuk Diri Sendiri?

Hai, Teman Baik!

Tahu nggak, sih, kalau ternyata ucapan terima kasih untuk diri sendiri itu bisa membuatmu lebih memaknai proses yang sedang dilalui?


Mungkin, kamu terlalu sibuk menuliskan target-target harianmu, lalu mengevaluasinya setiap malam. Atau, kamu terlalu sibuk melihat apa saja yang sudah kamu hasilkan selama sepekan, sebulan, bahkan setahun ke belakang. Mencocokkan dengan your ultimate goals dan ketika ada satu saja yang tidak tercapai, kamu malah menyalahkan dirimu.

“Ih, kenapa ini nggak kesampaian? Aku gagal mengelola waktu.”

“Sepertinya aku memang nggak bisa memilih jalan ini. Lihat aja, targetku masih banyak yang nggak tercapai.”


Dan pernyataan evaluatif lainnya mungkin sering menjadi makanan sehari-hari diri yang sudah lelah ini.

"Berfokus pada hasil sering kali membuatmu lupa bahwa sebenarnya kakimu sudah melangkah jauh, lho."

Coba ingat lagi di mana kamu mulai dan bandingkan di mana kamu sekarang!


Oke, mungkin kamu merasa masih di sini-sini aja, nggak ada yang berubah sama sekali. Tapi, apakah kamu lupa kalau kamu sudah berusaha?


Sekecil apa pun usahamu itu juga sebuah pencapaian. Sekecil apa pun yang sudah kamu hasilkan juga sebuah pencapaian. Bahkan, kamu yang masih bertahan dalam setiap ujian serta situasi sulit pun adalah sebuah pencapaian. Nggak banyak loh orang-orang yang masih mau bertahan dan berjuang ketika kegagalan demi kegagalan terus menimpa.


Untuk dirimu yang sudah berjuang, berilah ia apresiasi. Sekecil apa pun, sesederhana dengan mengucapkan,


“Hai, diriku. Terima kasih, ya, sudah berjuang hari ini. Aku tau kamu pasti lelah. Tapi, terima kasih untuk tidak menyerah pada keadaan.”

Ucapan terima kasih pada diri sendiri bisa membuatmu belajar menghargai dirimu yang sudah berlelah-lelah mencapai target. Ucapan terima kasih pada diri sendiri bisa membuatmu belajar menghargai proses sekecil apa pun bentuknya.


Meski tidak ada orang lain yang melihat jerih payah dan usahamu, kamu dan Tuhan tentu tahu seberapa kerasnya kamu berusaha untuk tetap melangkah maju. Daripada menunggu apresiasi dari orang lain, kenapa nggak dimulai dari diri sendiri aja?


Jadi, jangan lupa untuk berterima kasih pada dirimu sendiri, ya, Teman Baik!

1 view0 comments

Recent Posts

See All