• klik klas

Stop Berprasangka Sama Teman Yang Keseringan Update!


Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang suka main instagram dan liat story teman temannya? Tapi diantara banyaknya orang yang upload banyak hal kamu punya nggak sih orang yang jarang banget upload kegiatan pribadinya? Kecuali upload flyer acara atau kartun meme aja? Mungkin pernah ada dibenak kita mempertanyakan sebenarnya apa sih kegiatan dia. Apalagi kalau kondisinya setelah lulus kuliah yang kita memang tidak tau mereka ngapain setelah lulus kuliah.


Mungkin pernah ada dibenak kita mengganggap bahwa hidupnya tidak seru karena seperti nggak punya kehidupan dan pengangguran gabut. Padahal bisa jadi mereka tidak segabut yang kita kira.


Pernah suatu ketika temanku memang selalu update story kegiatan baca buku terus menerus sampai temannya menyindir dirinya agar dia main keluar rumah dan jangan terus terusan berkegiatan di rumah. Sesekali melihat dunia luar katanya.

Padahal temanku yang sering update baca buku itu, dia juga traveling ke luar kota, makan di cafe dan juga pergi shopping ke mall dan setiap hari bekerja, tetapi kegiatan kegiatan itu hanya dia tidak bagikan di social media aja.


Mungkin kalau aku jadi temannya yang menyindir aku akan malu karena ternyata temanya tidak segabut yang dia kira.


Disinilah Klikers dan Teman Baik, kita memang tidak boleh mudah menyimpulkan kehidupan orang lain apalagi hanya lewat stories instagram. Tidak semua orang suka update kegiatan pribadinya, ada orang orang yang memang lebih suka menikmatinya sendirian.


Memang tidak ada yang lebih baik, update atau tidak memang preferensi masing masing. Akan tetapi yang perlu kita tanamkan dalam diri kita tidak perlu menghakimi orang lain apalagi menasehatinya tanpa diminta dan dengan tuduhan yang salah.


Gabut memang bukan tuduhan yang sangat jahat seperti fitnah mencuri atau fitnah korupsi tapi sekecil apapun, tuduhan tetap tuduhan dan tidak bisa kita benarkan.

Bahkan orang orang yang update terus sekalipun, aku yakin akan ada hal hal yang memang dia tidak bagikan di story dan satu lagi pastikan jika memang kita ingin menasehatinya karena kita peduli dan berharap kebaikan untuk teman kita, tolong pastikan dulu yaa prasangka kita terhadapnya. Kamu bisa bertanya terlebih dahulu alih alih langsung menyimpulkan apalagi dengan cara menyindir mereka di social media kamu


Jadi yuk stop berprasangka, mari #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Deli Fatmawati S.Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


2 views0 comments

Recent Posts

See All