• klik klas

Serumah Sama Kakek Nenek, Oh God!


Bagaimana jika kamu tidak punya pilihan selain tinggal seatap dengan kakek atau nenek, atau keduanya? Apa yang kamu rasakan? Sering kita lupa bahwa meskipun cukup menantang tinggal bersama beliau, tapi banyak hal positif yang bisa mendewasakan pemikiranmu kelak. Yuk, kita intip apa saja hal positifnya.



Nggak semua orang punya kesempatan menemani kakek nenek di usia senjanya. Dengan keberadaan kamu di rumah, pasti mereka sangat tenang dan senang. Masih ada kamu disisinya yang bisa diajak berbagi memori masa lalu, bercerita tentang berita yang sedang hits, atau sekadar membantu mereka menyirami tanaman.



Kalau kamu kenal dengan quarter life crisis yang umumnya dialami seseorang dengan usia 25 tahun-an, orang lansia pun juga rentan mengalami krisis lho! Krisis usia senja dikenal dengan sebutan later life crisis. Kondisi ini tidak mudah dihadapi, terlebih saat kakek nenekmu harus tinggal seorang diri. Ada rasa kehilangan, kesepian, dan kecemasan dalam dirinya. Inilah yang menyebabkan mereka terkesan protektif dan sangat was-was dalam menghadapi sesuatu. Misalnya saja saat kamu harus pulang malam, kakek nenekmu pasti langsung mengintrogasi dan menasihati. Sesederhana kalimatnya hati-hati dijalan, pakai jaket biar nggak kedinginan, jangan pulang terlalu malam, pakai helm yang benar, jangan lupa kunci stang motor kalau parkir di tempat sepi… dan bentuk kalimat sayang lainnya yang mungkin terucap.



Kabar baik dari tinggal bersama kakek nenek selanjutnya adalah kamu bisa selalu belajar dan #SelaluBertumbuh dari sosoknya. Berguru dengan orang yang jauh punya banyak pengalaman adalah sebuah priviledge. Pasti ada hal yang bisa kamu contoh dari kisah masa lalunya. Kebijaksanaan orang yang sudah berusia bisa mendewasakanmu dalam menghadapi roaller coaster kehidupan. Kesabarannya, ketelitiannya, keramahannya, dan sifat baik lansia pada umumnya adalah ilmu untukmu.


Jadi, jangan pernah remehkan keberadaan mereka ya. Bareng sama #TemaniTeman, kamu akan #SelaluBertumbuh 😊


Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

0 views0 comments

Recent Posts

See All