• klik klas

Sepenting Apa Sih Punya Jadwal Yang Teratur?

John C. Maxwell pernah bilang “You will never change your life until you change something you do dailiy. The secret of your success if found in your daily routine.” Nah, jadi gimana Teman Baik? Kamu tim suka buat rutinitas lewat ‘To Do List’ atau tim ‘Yaudah Jalanin Aja Yang Ada Depan Di Mata’ ? Hahaha..

Ada nggak sih rutinitas kamu yang berubah drastis selama pandemi ini? Kayaknya semua orang melakukan penyesuaian rutinitas ya.. yang tadinya pagi berangkat kantor, bisa makan siang di kafe, kumpul sama teman-teman, ikut kegiatan sosial di lapangan, ikut car free day, sekarang cukup #DiRumahAja kamu jadi harus bisa multitasking.

Bikin rutinitas itu memang PR banget, tapi ternyata efeknya bagus lho Teman Baik. Banyak penelitian mengungkapkan kalau punya rutinitas itu penting dan berdampak positif bagi kesehatan mental dan fisik. Secara nggak langsung, kamu belajar manajemen waktu. Kapan kamu harus istirahat, kapan kamu harus me time, kapan kamu harus fokus menyelesaikan pekerjaan, kapan kamu harus bersosialisasi, kapan kamu harus olahraga.


Nah kalau kamu sudah mahir atur waktu, kamu bisa eksplor rutinitas baru. Kamu juga akan jadi pribadi yang disiplin dan rapi. Fokusmu akan meningkat karena kamu tahu prioritas dan menyadari apa yang akan kamu lakukan pada hari itu. Rutinitas kan nggak harus aktivitas yang produktif, jadi kamu rebahan aja bisa masuk daftar rutinitas kok! Rebahan kan juga ada manfaatnya yaitu recharge energi. Jadi makna rutinitas nggak se-kaku itu itu, Teman Baik.

Kalau begitu apa kabar ya kaum ‘Let It Flow’ yang menjalani hidup santai dan tidak terpaku pada rutinitas sehari-hari? Hehehe. Meskipun bikin agenda harian ini penting, tidak dipungkiri kadang jadi orang yang nggak well-planned itu ada baiknya juga. Mereka lebih selow dan fleksibel. Hidupnya juga nggak terlalu pasang ekspektasi yang tinggi. Bener-bener definisi “okay, let see what will happen next”.


Tenang… kalau sekarang belum punya rutinitas alias masih menjalani hari-hari tanpa rencana apa apa it`s okay. Semua bisa dimulai saat kamu sadar manfaatnya. Coba dulu aja.. siapa tahu jadi kebiasaan baik dan bikin kamu ketagihan deh! Hayuk cus laksanakan, semoga hari-harimu kian bermakna dengan rencana sederhana


2 views0 comments

Recent Posts

See All