• klik klas

Self-Talk: Kamu Tahu yang Kamu Mau

Manusia selalu punya pilihan: mau fokus sama hal yang negatif atau yang positif. Tapi yang jelas, semakin seseorang larut dalam hal negatif, ia akan sulit melihat kebaikan di baliknya. Terlebih, pikiran negatif cenderung membuat seseorang tidak nyaman menjalani hari-hari. Akan selalu ada kecemasan, ketakutan, dan kewaspadaan berlebihan dalam dirinya.

Klikers dan Teman Baik tentunya ingin dong memutus mata rantai pikiran negatif itu… Hasilnya tidak instan, tapi caranya bisa dicoba. Selama ada keinginan untuk #SelaluBertumbuh Bersama #TemaniTeman maka akan ada jalan untuk mengubah hidup.


Otak manusia sungguh luar biasa. Diberkati kemampuan untuk mengontrol segala tindak perilaku dalam kehidupan. Meski demikian, otak tidak berjalan sendiri lho. Ada peran diri dalam mengontrolnya.


Salah satu cara yang mudah adalah dengan ngobrol sama diri sendiri. Diskusi sama orang lain kan sudah biasa, jadi coba untuk diskusi sama diri sendiri. Nggak perlu janjian ketemuan, nggak perlu persiapan apa-apa. Hanya dengan memulai bertanya pada diri “Apa kabar diriku?”. Lalu, lanjutkan percakapan dengan diri 😊


Dalam psikologi, istilahnya self-talk. Ini bermanfaat banget untuk kamu yang sedang belajar mengelola diri. Dengan membuka dialog dengan diri, kamu akan tau apa yang benar-benar kamu mau, bagaimana cara merespon ujian yang menimpa diri dengan pikiran yang positif, dan banyak hal bisa kamu temukan lewat self-talk.


Self-talk juga membantu pikiranmu untuk membuat konstruk yang jelas. Misalnya, kamu sedang dihadapkan pada sebuah tantangan yang kamu rasa sulit sekali melewatinya. Sebenarnya kamu bisa membuat dirimu lebih yakin dengan berbicara “Oke diriku, aku pasti bisa melaluinya, aku kuat, aku mampu!”. Ini semacam doa dan sugesti positif yang mujarab banget lho!



Nanti, kalau kamu sudah terbiasa maka hal berat akan menjadi ringan. Misalnya, nilai ujianmu C. Sedih boleh, kesal ya wajar. Tapi kamu bisa lekas bangkit dengan berkata pada diri “Oke, berarti besok aku harus lebih giat belajar. Sekarang gagal, besok aku pasti bisa.”

Jadi, ayo sama-sama membangun kedekatan dengan diri sendiri. Kamu akan lebih tangguh dan positif. Buktikan sendiri yaa 😊



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

2 views0 comments

Recent Posts

See All