• klik klas

Selalu Ga Enakan Buat Ngomong? Cobain Belajar Komunikasi Asertif

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Apakah kamu termasuk orang yang sering ragu dan tidak enakan setiap mau mengungkapkan isi hati dan pikiran?

Kondisi seperti itu memang sering dialami dalam beberapa kondisi. Keragu-raguan itu muncul karena mungkin kamu merasa takut mendapat penolakan, takut menyinggung orang lain, atau bahkan karena takut menjadi pusat perhatian di dalam kelompok.


Namun, jika perasaan ini terus dipelihara, orang lain tidak akan bisa tahu apa yang kamu pikirkan. Padahal, mereka juga kadang butuh tahu pendapat dan perasaanmu akan suatu hal.


Nah, untuk membasmi keragu-raguan dalam menyampaikan pendapat, mungkin kamu perlu berlatih untuk berkomunikasi secara asertif. Memang asertif itu apa?


"Secara bahasa, asertif berarti tegas. Secara istilah asertif adalah salah satu cara komunikasi untuk menyampaikan pikiran, pendapat, dan perasaan dengan jujur, tegas, tetapi tetap menjaga dan menghargai perasaan pihak lain yang terlibat dalam komunikasi."

Keberanian menyampaikan pendapat, pikiran, dan perasaan dengan jujur sangat diperlukan sebagai modal untuk berkomunikasi asertif. Kunci dari sikap asertif ada 3, yaitu percaya diri, jelas dalam maksud dan tujuan, serta mampu mengontrol diri—tidak agresif dan menyerang pendapat orang lain dengan penuh emosi.


Ingat, jangan sampai perkataanmu menyakiti orang lain, ya

Perilaku asertif ini tidak bisa dimunculkan begitu saja. Kamu perlu berlatih sedikit demi sedikit untuk bisa terbiasa menyampaikan pikiran dan pendapatmu secara lebih terbuka dan berani.


Kamu juga perlu berlatih untuk mengontrol diri agar tidak terbawa emosi saat ada orang lain yang tidak paham atau tidak setuju dengan hal-hal yang kamu sampaikan. Selain itu, berlatih menyusun kalimat dengan jelas dan terstruktur pun menjadi penting karena tanpa kalimat yang jelas, orang lain bisa salah paham dengan maksud yang kita sampaikan

Dengan bersikap asertif, kamu jadi berlatih untuk semakin berani, percaya diri, dan yang terpenting jujur pada diri sendiri.


Tidak perlu takut jika ada yang berbeda pendapat atau tidak setuju dengan pendapatmu. Setidaknya, itu lebih baik karena kamu bisa dengan mendapatkan saran dan masukan terkait pendapatmu dibandingkan terus diam dan menjadi pengikut arus.


Jadi, apa kamu sudah siap belajar untuk bersikap asertif?

Semoga #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

13 views0 comments

Recent Posts

See All