• klik klas

Sekecil Apapun Progresmu Jangan Lupa Beri Apresiasi

Hai, Klikers dan Teman Baiknya #TemaniTeman!

Siapa, sih, yang nggak senang ketika jerih payahnya mendapat apresiasi? Tentu kamu pun pasti bahagia jika ada yang notice usaha kerasmu dan memberimu penghargaan atas apa yang telah kamu lakukan.


Namun, apakah penghargaan dan apresiasi hanya bisa didapatkan setelah melakukan hal-hal besar?


Tentu tidak, ya.

Setiap diri ini pasti sudah melalui berbagai hambatan dan pergulatan batin setiap harinya. Begitu pun kamu. Bahkan untuk memulai sesuatu saja, biasanya ada pergulatan batin yang bisa melemahkan semangat untuk bergerak. Keinginan antara rebahan atau nugas, nonton Netflix atau beres-beres kamar, dan berbagai cabang pikiran yang memaksamu untuk memilih.


Pergulatan diri yang dialami bukanlah hal yang mudah untuk diselesaikan. Maka, ketika kamu berhasil menang dari pergulatan diri yang membuatmu hanya jalan di tempat, jangan lupa untuk apresiasi dirimu, ya! Beri penghargaan untuk dirimu yang sudah bertahan sejauh ini.

Pun mungkin ketika kamu berkarya, ada rasa kalau diri belum berbuat apa-apa karena belum ada karya yang selesai. Kamu sudah duduk di depan meja kerjamu berjam-jam, tetapi ternyata hanya mampu menulis beberapa kata, atau menggambar beberapa garis, atau bahkan baru membuat konsep kasar dari karyamu.


Tak apa-apa. Semua itu justru menunjukkan bahwa dirimu mau untuk #SelaluBertumbuh dan terus bergerak. Lain halnya, jika kamu terus-terusan tidur tanpa memikirkan apa pun.


Sekecil apa pun kemajuan, progres, dan goresan karya yang sudah kamu berikan, itu tetaplah sebuah progres. Tanpa satu garis, tanpa satu kata, dan tanpa satu gerakan, tentu tidak akan ada karya yang dihasilkan.


Oleh karena itu, tetaplah bangga dengan dirimu yang berhasil melawan pergulatan batin agar mampu terus bergerak.


Memberi apresiasi diri bisa dalam bermacam bentuk. Bisa dengan makanan, jam istirahat, atau sekadar ucapan “Terima kasih, diriku. Kamu sudah berjuang hari ini. Terus berjuang sampai garis finish, ya!”


Mengapresiasi diri bisa menjadi bahan bakarmu untuk terus bergerak sedikit demi sedikit. Kamu pun jadi lebih menghargai proses dirimu dan semakin mencintai diri dengan segala lebih dan kurangnya.


So, apakah kamu sudah mengapresiasi dirimu hari ini?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

1 view0 comments

Recent Posts

See All