• klik klas

Sebuah Dilema Posting Story di Instagram


Haloo Klikers dan Teman Baik, dalam satu hari berapa lama kamu menghabiskan waktu bermain sosial media? Biasanya apa yang kamu lakukan di sosial media?


Kamu termasuk orang yang suka upload kejadian atau nggak? atau kamu tim hanya menjadi penonton postingan orang lain? Apapun kebiasaanmu dalam bersosial media semoga kita nyaman yaa atas pilihan yang kita ambil.


Jadi tau nggak Klikers dan Teman Baik ternyata ada loh orang orang yang dia nggak mau upload kegiatannya atau tulisannya di sosial media karena dia takut akan penilaian orang lain, takut dinilai pamer, takut dinilai apa sih begitu aja diposting, pikiranya penuh dengan ketakutan nanti bagaimana orang lain menilai dirinya.


Nggak salah memang, sebagai makluk sosial kita memang perlu perasaan itu agar kita tidak mudah melakukan hal-hal yang diluar norma masyarakat, tapi jika berlebihan akan jadi nggak sehat untuk diri sendiri.


Dulu aku juga termasuk orang yang tidak terlalu suka untuk posting kegiatan aku atau kebahagianku di sosial media karena aku merasa itu nggak penting, sekarang setelah pendemi ketika kegiatan kegiatan offline udah nggak bisa dilaksanakan, ya salah satu kita mengenang masa masa itu lewat postingan postingan yang dulu kita arsipkan di sosial media, mungkin kalau dulu nggak aku upload foto foto itu udah nggak ada.


Coba deh kita buka facebok lama kita, liat foto foto dulu, tulisan tulisan dulu, kadang banyak hal yang membuat kita tertawa karena dulu kita alay dan besyukur hari ini kita sudah bertumbuh lebih baik.


Bahkan dari sebuah foto kadang kita merasakan perasaan yang dulu kita rasakan saat kejadian itu, ingatan -ngatan itu membuat kita kadang menjadi jauh lebih bersyukur, belajar dari kejadian kejadian masa lalu dan banyak lagi yang kita bisa dapatkan hanya dengan melihat potret kita di masa lalu.



Jadi Klikers dan Teman Baik, jika hari ini kamu mau upload apapun di social media kalian selama itu tetap nggak merugikan orang lain dan hal positif, gapapa upload aja, siapa tau itu akan menjadi kenangan kamu di masa yang kamu mungkin nggak bisa ngulang kejadian itu.


Tapi klikers, jika memang kamu lebih nyaman menyimpan kebahagianmu sendiri dan nggak suka dengan membagikanya di sosial media, nggak papa juga, kamu nggak salah.


Intinya, izinkan semua orang untuk memilih bagaimana mereka mengekspresikan kebahagianya, entah dengan membagikanya di sosial media atau hanya menyimpanya sendiri di dada..


Akhir kata, Jangan lupa #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman, hehe



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

5 views0 comments

Recent Posts

See All