• klik klas

Seberapa Penting Gestur dalam Percakapan Sehari-hari?

Halo Klikers dan Teman Baik, siapa yang kalau lagi bicara suka lupa pakai gestur? Nggak apa apa kok kalau saat berbicara kamu nggak pakai gestur. Tapi, setelah membaca artikel ini pasti kamu akan berpikir sebaliknya! Ya, ternyata gestur penting untuk kamu sisipkan dalam obrolan sehari-hari. Mengapa demikian?



Mungkin dalam kehidupan sehari-hari kamu nggak terlalu merasakan manfaat berbicara dengan gestur ini, tetapi manfaatnya akan sangat terasa ketika kamu terjun dalam dunia kerja. Mau di bidang bisnis, media, pemerintahan, industry kreatif, gestur memainkan peran penting dalam memengaruhi lawan bicara!


Coba sekarang kamu lihat orang yang keterampilan bicaranya bagus, kata-katanya sistematis, bahasanya keren, tapi gaya bicaranya berdiri aja flat. Penonton bakal bosan dan nggak tertarik tuh.

Gestur atau gerak tubuh ini menjadi penting karena dalam etika berbicara, gestur menunjukkan maksud dari pembicaraan. Contohnya, kalau kamu setuju terhadap sebuah ide. Akan lebih bagus kalau kata setuju itu diikuti dengan anggukan kepala atau memberikan jempol. Secara tersirat, ini menandakan kamu tidak hanya setuju tapi juga mengapresiasi ide yang digagas tersebut.



Dalam konteks yang nonformal sekalipun, gestur tertentu bisa menandakan kamu empati. Contohnya ketika temanmu berduka, lalu kamu memeluknya atau mengusap pundaknya sebagai bentuk dukungan moral. Tanpa perlu berpanjang kata, kamu bisa mengutarakan makna hanya dengan gestur itu.


Sebenarnya gestur bentuknya macam-macam, seperti menggelengkan kepala, menggangguk, menunjuk, tersenyum, memainkan kedua tangan, berbadan tegap saat mengutarakan hal yang serius, mempertahankan kontak mata saat sedang berbicara, dan masih banyak lagi. Intinya, segala bahasa tubuh yang terlibat dalam proses komunikasi.


Mudah kan? Jadi, mulai sekarang coba deh tambahkan gestur yang sesuai dengan maksud dan tujuan pembicaraanmu pada orang lain. Berhubung manfaatnya banyak, jangan ragu untuk mencoba ya!


Semoga #TemaniTeman bisa selalu menemanimu hari-harimu yang #SelaluBertumbuh ya!



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya


1 view0 comments

Recent Posts

See All