• klik klas

Satu Hal Yang Pasti : Ketidakpastian

Hai, Klikers dan Teman Baik!


Seru nggak sih hidup dalam ketidakpastian? Nggak pasti dapet kuliah di mana, nggak pasti habis lulus bisa langsung kerja atau enggak, nggak pasti juga kalo udah menikah langsung bahagia. Semuanya serba nggak pasti dalam hidup ini.


Terus apa dong yang pasti? Kan, kebanyakan dari kita sukanya yang pasti-pasti aja!



Ada kok yang pasti. Ada dua hal malah yang pasti dalam hidup ini. Tapi, cuma dua hal ini aja, yaitu kematian dan ketidakpastian. Bahkan, kematian pun ada bersinggungan dengan ketidakpastian—tidak pasti kapan waktunya datang, hanya setiap manusia pasti menghadapi kematian.


Iya, yang pasti dalam hidup kita adalah kematian. Semua orang pasti merasakan mati dan akan selesai jatah hidupnya di dunia. Hanya saja, kamu dan #TemaniTeman pun tidak tahu kapan diri akan mendapat giliran disapa oleh kematian. Kamu hanya bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi kematian. Tidak hanya persiapan benda, wasiat, atau pakaian kematian, tetapi juga bekal kebaikan yang akan dibawa saat mati nanti.


Waktu kematian tidak pasti. Maka, satu hal yang pasti dalam hidup ini hanyalah tersisa ketidakpastian.



Ya, kamu dan semuanya pasti menghadapi ketidakpastian dalam hidup. Segala hal yang tidak pasti dan tidak bisa diprediksi 100% kebenarannya selalu menghampirimu. Oleh karena itu, diri ini selalu punya pilihan—yang jawabannya pun tidak pasti benar atau salah.


Tidak sedikit yang masih membenci ketidakpastian. Namun, coba deh dipikirin lagi. Kalau semua hal yang terjadi sama kita sudah pasti dan sudah jelas, apalagi kita tahu semua-muanya, apakah hidup punya cerita?


Ketidakpastian hadir untuk membantu kamu belajar tentang hidup. Belajar cara terbaik untuk #SelaluBertumbuh di tengah ketidakpastian hingga mendapatkan jawaban dari segala tanya. Ketidakpastian juga hadir supaya hidupmu berwarna. Terkadang, memecahkan teka-teki dari ketidakpastian yang terjadi dalam hidup itu menyenangkan, lho!


Tentunya, jangan sampai ketidakpastian yang pasti selalu ada ini justru membuatmu cemas, ya. Kecemasan yang hadir bisa kamu jadikan tanda/alarm untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu disiapkan dalam menghadapi ketidakpastian itu.


Yuk, berdamai dan berkawan dengan ketidakpastian!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All