• klik klas

Sambil Jalan-Jalan Sambil Merenung Yuk!

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Saat kamu lagi gelisah, banyak pikiran, atau emosimu sedang meluap-luap, biasanya apa yang kamu lakukan?


Mungkin banyak darimu yang memilih untuk menyendiri dan diam di kamar. Ada pula yang memilih untuk menuliskan segala isi hati yang tak terungkapkan secara lisan. Atau mungkin kamu punya cara lainnya yang biasa di lakukan.


Nah, ada satu cara yang bisa dicoba sekalian membuatmu berolahraga loh! Kamu bisa mencoba berjalan-jalan ringan di sekitar rumahmu untuk melepaskan segala beban yang sedang terasa. Biasanya, sambil berjalan-jalan dan melihat kondisi sekitar, ada banyak makna dan insight yang mungkin bisa menjadi perantaramu untuk menyelesaikan masalah.

Misalnya, kamu lagi gelisah karena tak kunjung mendapat motivasi untuk mengerjakan tugas. Mungkin sebenarnya kamu sedang bosan berada di ruangan yang sama. Terkadang, keluar rumah dan melihat-lihat pemandangan sekitar pun bisa menyegarkan kembali pikiranmu, loh. Jadi, mungkin kamu bisa mencoba berjalan-jalan sambil memikirkan hal-hal yang menggelisahkanmu. Siapa tahu, kamu bisa lebih jernih memikirkan semuanya.


Atau ketika emosimu sedang meluap-luap, menghindari stimulus yang membuat emosimu melonjak itu pun salah satu cara untuk berdamai dengannya. Mungkin, kamu bisa menghindari stimulus yang melonjakkan emosimu dengan keluar ruangan dan berjalan-jalan sejenak. Setiap langkah kaki yang kamu jejakkan di jalan, bisa menjadi perantara untuk melepas emosi-emosi itu. Menghirup udara segar yang berbeda dari tempatmu sebelumnya juga bisa menyegarkan pikiran.

Tentunya, sepanjang jalan yang kamu lalui, kamu pun bisa merenungi segala sesuatu yang terjadi dengan lebih tenang tanpa gangguan dari sumber emosi meluap itu. Waktu kerja yang padat, jadwal yang tiada henti, sering kali membuatmu lupa untuk menjeda dan merenungi sejenak perjalanan hidupmu.


Berjalan-jalan ringan bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan diri menjeda dari segala rutinitas, pun sekaligus membuat tubuhmu bergerak. Kehidupan saat ini yang lebih banyak menuntutmu untuk terus duduk di depan layar membuat tubuh jarang bergerak dan meregangkan otot-otot. Sayang banget kan kalau badanmu pegel-pegel karena kurang gerak?


So, coba deh jalan-jalan ringan sambil merenungi banyak hal yang mungkin tak pernah terpikir untuk dirimu yang ingin #SelaluBertumbuh. Kamu juga bisa menjeda diri dengan membaca artikel dari #TemaniTeman, tapi ... jangan baca sambil jalan, ya! Nanti malah nabrak sesuatu :D


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza




3 views0 comments

Recent Posts

See All