• klik klas

Salah Satu Jalan Ninja Mencari Bahagia Yaitu Dengan Meme!

Halo Klikers dan Teman Baik!

Sebagai warga milenial, pasti sudah tidak asing dengan istilah Meme, kan? Atau ada yang tidak tahu apa itu meme?

Nah, ternyata, kata meme sendiri sudah ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia, loh! Salah satu artinya adalah,


“Cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata atau tulisan-tulisan untuk tujuan melucu dan menghibur”


Kalau banyak yang bilang mencari dan menemukan kebahagiaan itu sulit, sepertinya kamu belum pernah berbahagia bersama meme! #TemaniTeman

Saat ini di kalangan masyarakat, pun pengguna media sosial, meme menjadi salah satu bentuk ekspresi emosi yang tidak hanya membuat creator-nya lega, tetapi juga bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain.


Tak jarang, dengan beragam meme yang beredar di dunia maya, banyak manusia yang juga ikut terhibur, tertawa, dan merasa beban hidupnya sedikit berkurang.


Apakah kamu merasakan hal yang sama?

Sejatinya, mencari kebahagiaan itu bukanlah hal yang sulit. Bahagia bisa kita buat dan dapatkan dari mana saja. Bisa melalui hobi sederhana yang dilakukan di waktu luang, bisa juga dengan mengasah kreativitas dalam berbahasa dan mengolah kata-kata dalam bentuk tulisan maupun visual, seperti meme! #SelaluBertumbuh


Pengaruh meme terhadap kesehatan mental pun sudah dirasakan oleh beberapa orang. Ada yang ketika melihat meme bertemakan kesedihan, ia pun merasa bahwa dirinya tidak sedih sendiri.


Seolah meme menjadi salah satu media untuk meresonansikan perasaan diri. Mungkin, kamu pun pernah merasa relate banget sama tulisan dalam meme yang beredar di media sosial.

Meski meme bisa dijadikan salah satu sarana untuk meningkatkan kebahagiaan dan pelepasan emosi, kamu juga perlu hati-hati karena bisa jadi konten yang ada di meme itu justru memunculkan ingatan buruk yang pernah kamu alami, seperti bullying dan penghinaan.


Kamu pun punya pilihan untuk menjadikan meme sebagai bentuk ekspresi emosi atau hiburan untuk meningkatkan kebahagiaan.

Banyak cara untuk menemukan dan menciptakan bahagia. Jika dengan melihat banyak meme humor dan lucu di media sosial bisa membuatmu bahagia, bersemangat, dan tidak merasa sendiri, jadikan itu sebagai sarana hiburanmu.


Namun, sadari juga jika ada meme yang membuatmu merasa tidak nyaman, itu lebih baik dihindari agar tidak menjadi toxic atau racun dalam dirimu.

So, meme apa yang membahagiakanmu hari ini?



Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

3 views0 comments

Recent Posts

See All