• klik klas

Salah Kaprah Tentang Work Life Balance



Haloo Klikers dan Teman Baik, kalau boleh tau ini artikel ke berapa yang kamu baca di web #TemaniTeman? Udah nggak keitung? Atau ini pengalaman pertama? Pengunjung lama atau pengunjung baru di Temani Teman semoga kita bisa sama sama untuk #SelaluBertumbuh yaaa..


Klikers dan Teman Baik, sudah baca kah tentang work life balance yang pernah aku tulis di sini? Kalau belum pernah, aku spill sedikit pengertianya aja yaa, tapi untuk hal lainya silahkan baca sendiri dan cari yaa artikelnya di web ini.


Work-life balance adalah suatu keadaan di mana seseorang dapat mengatur dan membagi antara tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga dan tanggung jawab lainnya.


Jadi intinya serba seimbang hidupnya, nah tapi Klikers dan Teman Baik, banyak orang yang salah kaprah ni mendefinisikan work life balance. Jadinya terlalu plek ketiplek bahwa work life balance itu adalah jam kerjanyah harus dari jam sembilan sampe jam lima atau jam delapan sampe jam enam. Lebih dari itu berarti nggak work life balance. Kalau lembur bilangnya kantornya nggak mendukung work life balance.



Klikers dan Teman Baik, work life balance itu kita sendiri yang bisa ngerasain, bukan dari jam kerja. Kalau memnag kita merasa dengan bekerja dari jam sembilan pagi sampe jam sembilan malam dan kita masih bisa istirahat dengan tenang itu tetap bagian dari work life balance.


Work life balance kamu dan aku bisa jadi berbeda. Ada yang memang kerjanya 20 jam perhari dan nggak ada hari libur bagi mereka seperti pengusaha, mereka tetap merasa work life balance karena mereka tetap bisa meluangkan waktu untuk dirinya dan keluarganya.


Apalagi work life balance manusia jomblo dan yang sudah berkeluarga akan sangat berbeda. jadi kita nggak bisa menyamaratakan indikator work life balance dengan jam kerja.


Jadi Klikers dan Teman Baik, kitapun jangan sampe saking menjadi penganut work life balance kita jadinya nggak mau kalau sesekali diajakin lembur atau weekend kita diganggu oleh kantor apalagi jika memang sedang hectic di kantor.


Bagaimanapun kita harus tetap punya loyalitas tehadap kantor atau institusi yang kita pijak.

Jangan mudah menjuluki mereka hanya karena sekali dua kali kita diganggu jam istirahatnya, wajar ko. Ga wajar ketika kita diganggu “selalu” tapi sesekali masih it’s okay.

Tetap semangat yaa Klikers dan Teman Baik untuk menuju work life balance.



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


1 view0 comments

Recent Posts

See All