• klik klas

Refleksi Turning Point Dalam Kehidupan

Adakah sebuah fase dalam hidupmu yang menjadi titik balik perubahan signifikan dalam dirimu? Coba ingat.., Apakah kamu berubah setelah ulangtahun, merantau, menikah, bekerja, sekolah, gagal, atau bahkan saat kamu tidak sedang melakukan apa-apa?



#TemaniTeman membahasakannya dengan istilah turning point. Sebuah titik yang menandakan perubahan arah dan sudut pandang—yang mengubah sebagian besar pola pikir dan kebiasaan pada dirimu. Pada tahap ini, kemampuan pengambilan keputusan seseorang menjadi elemen penting. Juga bagaimana lingkungan dan keluarga merespon perubahan besarmu.



Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa ini penting untuk direfleksikan? Sebab semua orang pasti mengalami turning point, disadari atau tidak. Seandainya kamu berhasil dalam melewatinya tanpa kamu sadari, tidak masalah. Namun, jika kamu mengalami kegagalan di kemudian hari, refleksi ini bisa membantu kamu bangkit. Dengan cara yang sederhana, yakni membuat daftar atau sekadar mengingat hal apa yang sudah kamu jalani selama ini.



Selain membantu kamu bangkit, kamu juga akan menyadari SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunity, Threat) yang muncul dalam keseharianmu. Ini akan menjadi modal untuk melangkah pada pilihan hidup selanjutnya. Inilah mengapa jeda dalam hidup sangat penting. Bagaikan ban yang berputar terus menerus, lama lama akan aus dan butuh ganti yang baru kan? Sama, hidup kadang butuh gonta ganti pola pikir supaya kamu lebih kaya akan pengalaman dan solusi.



Berpikir apa yang telah kamu dapatkan dalam hidup akan lebih membuatmu bersyukur dan tidak lagi membandingkan diri dengan orang lain. Kalau kamu rasa, temanmu lebih beruntung yaaa mungkin kamu hanya belum menemukan keberuntungan dalam prosesmu karena terlalu sibuk memikirkan orang lain. Lihat dirimu saat ini yang telah #SelaluBertumbuh karena ditempa, dihantam, terbentur, lalu terbentuk. Ingat kah saat kamu masih sekolah dulu, betapa malu-malu dan pendiamnya kamu… Tapi sekarang, mungkin kamu sudah berani memimpin rapat atau melakukan negosiasi.


Jadi, jangan pernah remehkan setiap titik balik dalam hidupmu ya. Dialah yang menjadi guru dalam proses pendewasaanmu. Temukan titik balik dalam hidupmu, tentukan langkahmu, dan bersyukurlah! 😊


Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

0 views0 comments

Recent Posts

See All