• klik klas

Reading Book Challenge Bisa jadi Resolusi Tahun Barumu!

Katanya, minat baca di Indonesia termasuk dalam peringkat yang rendah. Padahal, kalau #TemaniTeman lihat, banyak lho yang rajin baca berita dan info ter-update di media sosial, hehehe...


Ya, tentu hal itu mungkin tidak termasuk dalam kriteria minat baca karena akhir-akhir ini mulai jarang sekali ada yang membaca buku. Meski toko buku bertebaran dan banyak buku-buku baru diterbitkan, sepertinya banyak yang lebih suka membaca online dibandingkan harus beli buku cetak. Kalau kamu termasuk yang suka baca buku nggak, Klikers dan Teman Baik?



Tahu nggak? Membaca buku bisa membantu pikiranmu untuk #SelaluBertumbuh dan bisa meluaskan pandanganmu terhadap sesuatu. Mengapa nggak kamu coba jadikan reading book challenge sebagai salah satu resolusi tahun barumu?


Tantangan ini bisa diawali dengan menentukan berapa buku yang akan kamu baca dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, baca 50 buku selama 1 tahun. Artinya, dalam 1 bulan, kamu perlu menyelesaikan 4-5 buku, atau 1 buku dalam 1 minggu. Nah, tinggal kamu siapkan deh daftar buku yang akan dibaca.


Membeli buku sebagai investasi ilmu masa depan tidak ada ruginya loh. Ya, kalau kamu tidak mau membeli buku tapi ingin baca buku dengan gratis, ada banyak aplikasi yang bisa dijadikan teman bacamu, seperti iPusnas misalnya. Hanya saja, akan berbeda rasanya membaca buku cetak dengan membaca e-book di perangkat elektronik.


Aku nggak biasa baca buku, jadi pasti lama banget namatinnya! Nggak ada waktu juga.



Klikers dan Teman Baik, segalanya bisa dilakukan asal kamu meluangkan. Kalau kamu memang mau menjadikan reading book challenge sebagai salah satu resolusi tahun baru, kamu perlu meluangkan waktu untuk hal itu. Nggak ada yang namanya nggak sempat, mungkin kalo kamu merasa nggak sempat dan nggak ada waktu, kamu memang belum mau menyempatkan dan meluangkan waktumu.


Mengikuti challenge atau tantangan pun bisa menaikkan semangatmu untuk kembali membaca buku. Terlebih lagi, kamu bisa juga loh bikin grup bersama teman-temanmu untuk menjalankan challenge tersebut. Biasanya, kalo ada teman untuk melakukan aktivitas yang sama, diri ini jadi lebih termotivasi dan tidak merasa sendirian. Kalaupun kamu bingung mau ngajak siapa, ajak saja saudara atau orang-orang terdekatmu. Oh, ya! Ajak teman online pun bisa.


Yuk, tingkatkan minat baca di Indonesia dengan menjadikan tantangan membaca buku sebagai salah satu resolusi tahun barumu!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All