• klik klas

Rangking 1 Dari SD - SMA, Apakah Menjamin Akan Sukses?

Teman Baik,

pernah nggak nih punya teman yang dari jaman SD juara kelas terus, eh sampe SMP dan SMA masih aja jadi peraih ranking 1 dan jadi kebanggan guru-guru. Prestasinya nggak berhenti-berhenti ngalir ke temanmu yang satu itu.. pasti ada kan? Kebayang nggak gimana dia kalau udah kerja dan berkarier! Wow makin gemilang ya sepertinya! Tapi kenyataannya nggak semulus itu ferguso.

Coba tengok teman-temanmu, mungkin ada yang berprestasi selama di sekolah dan kuliah, tapi pas lulus kuliah menghilang. Entah nggak ada kabar, nggak pernah muncul di acara reuni, atau bahkan kabarnya nggak secemerlang teman-temanmu yang lain. Justru teman-temanmu yang dulu biasa aja, yang pas sekolah bolpen aja masih pinjem bangku sebelah malah cepet kariernya. Kok bisa ya dia yang dulu bukanlah dia yang sekarang?

Buat kamu yang masih berpikir bahwa jadi nomor satu dan berprestasi secara akademik akan membuat seseorang lebih mudah mencapai karier yang gemilang serta keuangan yang mapan, kamu harus sedikit mengoreksi pemikiranmu itu.


Karena faktanya tidak selalu demikian. Orang-orang yang dikatakan sukses dengan parameter pencapaian-pencapaian akademik dan finansial rata-rata memiliki sifat persistence atau gigih. Inget nggak kata Angela Duckworth bahwa “Consistency of effort over the long run is everything”.


Paham? Jadi memang kegigihan dan konsistensi dalam memperjuangan sesuatu pencapaian yang kamu inginkan berpengaruh paling besar terhadap kesuksesan. Bukan karena kamu high achiever, pinter, cantik, ganteng, ranking satu, menang lomba dimana-mana, dan jadi kebanggaan keluarga dan bapak ibu guru lantas kamu pasti akan meraih sukses abadi di masa depan.


Tapi karena kamu punya orang dalem! 😊 Hehehe candaaa… tapi karena kamu terus berusaha fokus pada proses, bukan hasil.

Apalagi di masa pandemi ini, semua orang merasa lelah dengan aktivitas daring yang cenderung monoton dan akhirnya kehilangan motivasi. Wajar kok, tapi sayangnya puncak kesuksesan tidak menunggu kamu saat berada di situasi yang baik.


Jadi mau seburuk apa hari-hari yang kamu jalani di masa pandemi, kamu harus tetap melangkah. Sebosan apapun kamu melihat laptop buat meeting online.. kamu tidak sendiri, Teman Baik! PR buat kamu nih, coba gali lagi apa yang kira-kira bisa membuatmu nyaman ditengah kondisi pandemi ini supaya hidupmu tetap bermakna!

1 view0 comments

Recent Posts

See All