• klik klas

Promosiin Usaha Teman, Bukan Minta Gratisan!

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Kondisi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian ini memang menuntut kita untuk lebih kreatif, ya. Apalagi, dampak signifikan yang dirasakan bagi pekerja, pelaku ekonomi,

dan para pedagang.


Mungkin, nggak jarang juga ada teman-teman di sekitarmu yang juga berjuang di ranah bisnis dan usaha rumahan. Apa kamu pernah diminta membantu promosi usaha mereka?


Kalau pernah, apakah kamu meminta imbalan atas bantuan yang kamu berikan?

Nggak jarang, ya, ada orang-orang yang menjadikan usaha teman sebagai ajang peruntungan.


Maksudnya, ketika barang atau jasa yang ditawarkan oleh temanmu menjadi salah satu yang kamu butuhkan, permintaan seperti ini seringkali terdengar:


“Kasih diskon, ya? Kan sama teman ini, murahin dikitlah!”

“Eh, sini aku bantu promosiin. Tapi ntar kasih diskon buat aku, ya. Kan udah dibantu promosi.”

“Gratis ongkir dong. Insyaa Allah berkah ngasih murah buat temen.”


Dan mungkin berbagai kalimat serupa yang intinya adalah meminta kemurahan hati teman yang berdagang karena kita sudah membantu mempromosikan barang/jasanya.

Tentunya, kalimat-kalimat itu tidak menunjukkan ketulusan bantuan yang diberikan, ya. Jika kamu tulus membantu, jangan pakai embel-embel minta diskon atau harga murah. Kamu tidak tahu seberapa membutuhkannya temanmu akan hasil usahanya itu. Jangan sampai, bantuan yang kamu berikan justru memiliki ekor beban yang tidak mengenakkan untuk temanmu.


Sebagai makhluk sosial, manusia nggak bisa hidup sendiri. Manusia saling membutuhkan dan tentunya bisa saling membantu di masa yang sulit seperti sekarang ini. Membantu teman dan #TemaniTeman mengembangkan usahanya tentu menjadi perilaku yang amat baik. Asalkan, tidak disertai syarat seperti meminta ‘harga teman’ atau diskonan.

Lagian, kalo kamu beneran tulus dan peduli sama usaha temanmu, harusnya kamu melebihkan sebagian rezekimu ke dia loh! Itulah harga teman yang sejati, karena dia temanmu, maka kamu beri bayaran lebih sebagai bentuk dukungan materi dan moril.


So, udahan yuk minta diskonan ke temen. Mending kalo nggak bisa atau lagi nggak butuh dengan barang/jasa yang ditawarkan, minimal bantu promosiin aja. Sekarang kalo mau promosi kan gampang banget, tinggal modal jari dan share ke berbagai media sosial.


Siapa tahu, kebaikan dan ketulusanmu dalam membantu teman akan berbalik dan kembali pada dirimu.


Jangan lupa juga untuk #SelaluBertumbuh jadi lebih baik setiap hari, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

3 views0 comments

Recent Posts

See All