• klik klas

Priority Management Bukan Time Management



Haloo Klikers dan Teman Baik, kalian ngerasa nggak sih dari dulu kayaknya kita lebih sering mendengar kata time management dibanding priority management. Iya nggak sih? padahal yaa waktu kita sama sama 24 jam dan akan sulit untuk kita kalau ada banyak hal yang harus kita lakukan dalam sehari tapi waktu kita setiap harinya ya hanya 24 jam dan nggak akan pernah berubah, sedangkan kegiatan kita selalu berubah.


Nah jadi solusinya adalah priority management. Dengan priority management kita bisa menyusun skala prioritas dan kita bisa tau hal hal apa saja yang mendesak harus kita lakukan dan memang harus kita sendiri yang turun tangan dan mana saja yang bisa kita lakukan nanti dan mana yang sebenarnya bisa kita delegasikan kepada orang lain.


Contoh sederhana kita sebagai ketua panitia dalam sebuah acara besar, kita harus melakukan banyak hal dalam hari itu juga, jika kita bisa priority management kita bisa menentukan hal apa saja yang bisa kita delegasikan, nggak semua hal harus kita datengin langsung dan beresin sendiri. Kita punya hak untuk mendelegasikanya kepada orang lain.



Misal dalam kehidupan sehari hari, kita tugas kuliahnya banyak, tugas organisasi lagi ngantri, kita juga punya usaha kecil kecilan tapi urusan domestik kosan juga sedang berantakan. Kita bisa membaginya mana yang paling prioritas dilakukan sekarang dan harus sendiri dan mana yang bisa kita delegasikan.


Kita bisa mendelegasikan urusan kosan ke go clean di aplikasi ojek online, kita juga tidak perlu mencuci karena ada laundry. Memang ada biaya yang harus dibayar tapi itulah konsekuensinya, ada hal hal yang sebenarnya kita delegasikan karena nggak urgent untuk kita lakukan sendiri.


Kita nggak bisa memaksa tubuh kita dalam 24 jam mengurusi semua hal yang ada di hadapan kita, kita ini manusia yang punya perasaan, punya rasa lelah dan butuh istirahat.


Jangan sampe karena kita terlalu perfeksionis ingin melakukan semuanya sendiri sehingga pada akhirnya semua hal berantakan karena dikerjakan dalam waktu yang bersamaan.


Kita harus lebih peduli sama diri kita dan berusaha untuk merelakan bahwa memang jika kita ingin kehidupan kita rapih dalam banyak hal ada biaya yang harus kita bayar untuk menggunakan jasa penolong and that’s okay untuk membutuhkan pertolongan.


Kita bukan superman ko.



Semangat Klikers dan Teman Baik, jangan lupa untuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati



2 views0 comments

Recent Posts

See All