• klik klas

Prinsip "Saling" Dalam Pertemanan


Haloo Klikers dan Teman Baik, gimana keadaan hatimu ketika mau mulai baca artikel ini? Jika dalam keadaan nggak baik. Coba tarik nafas dulu yuuk, inhale, exhale, coba katakan pada diri kamu “it’s okaay, gapapa sedih, tapi jangan lama lama yaaa.” okee udah mulai baik suasana hatinya? Mari kita lanjut :)


Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang temanya banyak? Kamu ngerasa nggak sih udah jadi teman yang baik di pertemanan kamu? Kamu pernah nggak sih mengharapkan punya teman yang saling support dan positive vibes banget? Nah coba deh kita terapkan prinsip “saling” dalam pertemanan kita. Eh gimana tu maksudnya?


Jadi pertemanan yang saling itu yaa kita itu sama sama saling effort dalam pertemanan, misal yaa teman kita tu baik banget, sebaik apapun teman kita, mungkin kita temukan ada orang yang baiknya itu udah level dewa, baik banget, makan dibayarin, jalan jalan ditebengin, pengertian, sopan, anaknya seru diajak jalan, kalau kita ulang tahun dia selalu kasih hadiah dan nilai plus lainya.


Nah, saking baiknya dan dia juga tidak pamrih, lalu kita lupa untuk melakukan hal yang sama untuknya. Padahal itu tuh berarti tau untuk dia meskipun apa yang kita lakukan nggak bisa sebanding sama apa yang telah dia lakukan. Setidaknya misal jika kamu jalan bersamanya dan kendaraanya dari dia, kamu menawarkan diri untuk mengisi bensinya meskipun kamu sadar dia punya banyak uang misalnya, atau kamu bisa melakukan hal lain, kamu bisa memberinya cemilan untuk menemaninya perjalan. Jangan sampe dia yang bawa kendaraan, dia yang nyetir dia juga yang nyediain cemilan. Pertemanan seperti ini tuh nggak sehat.



Ketika kita berteman kita harus sama sama berusaha untuk melakukan hal yang sama meskipun bisa jadi caranya berbeda. Jika dia loyal dengan uang, kita bisa loyal dengan tenaga. Apapun yang bisa kita lakukan. Lakukanlah.


Nah jadi pertemanan yang saling itu jangan sampe kita take it for granted yaaa, usahakan banget untuk dua duanya saling dapat manfaat. Ini bukan tentang saling memanfaatkan tapi saling memberikan manfaat. Lagian pertemanan kayak gini tu sehat ko karena kita sama sama merasa berharga, sama sama merasa saling menghargai juga.


Jadi yuk jadi teman yang punya prinsip “Saling”


Jangan lupa #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


0 views0 comments

Recent Posts

See All