• klik klas

Perubahan: Guru Terbaik Belajar Menjadi Resilien

“Kuharap kita akan selalu seperti ini. Jangan berubah, ya.”

“Aku nggak akan berubah. Jadi, kamu pun tetap seperti ini padaku, ya.”

“Semoga kondisi selalu baik seperti ini. Kalo berubah tiba-tiba, aku bisa panik!”


---

Klikers dan Teman Baik, apa kamu pernah mengucapkan atau mendengar kalimat serupa di atas? Gimana menurutmu? Apakah perubahan sebegitu buruknya hingga banyak orang yang tak menginginkan perubahan terjadi?



Padahal, tahu nggak, sih?


Kamu bisa belajar menjadi pribadi yang lebih tangguh dan resilien—tahan banting, meski jatuh tetap bisa melambung lagi—jika perubahan terjadi dalam hidupmu. Memang, sih, segala hal yang sudah nyaman dalam hidup ini rasanya nggak mau dilepas gitu aja. Sedangkan seringnya, perubahan yang mendadak merenggut kenyamanan yang kamu rasakan.


Namun, di sanalah titik awal pembelajaran untuk menjadi pribadi yang resilien. Jika kamu tidak dihadapkan pada perubahan dan terus menetap di zona nyaman, kamu nggak bisa #SelaluBertumbuh dan nggak bisa semakin tangguh.


Coba deh kamu lihat bagaimana sebuah berlian yang kuat dan indah terbentuk!



Berlian, sebelum dia jadi indah dan diminati oleh banyak orang, ia harus melalu suhu dan tekanan tinggi di dalam bumi hingga mengkristal. Udah gitu, untuk bisa muncul ke hadapan manusia, mereka harus menunggu erupsi gunung berapi dulu—ini #TemaniTeman baca di websitenya majalah Bobo, sih. Kalo salah, koreksi ya hehe...


Nah, intinya, untuk menjadi semakin kuat dan indah, kamu nggak bisa terus menerus menetap di zona nyaman. Perlu ada perluasan agar zona nyamanmu pun meluas. Perluasan ini tentu memerlukan perubahan dan tantangan yang mungkin tak terduga, ya.


Oleh karena itu, jangan benci perubahan yang terjadi. Semua hal di dunia ini, termasuk manusia, pasti akan berubah karena kita terus bertumbuh dan berproses menjadi lebih baik. Malah aneh kalo ada orang yang nggak berubah sama sekali. Artinya, nggak ada perkembangan berarti dalam hidupnya.



Dan, ya, perubahan adalah guru terbaik bagi kamu untuk meningkatkan resiliensi diri. Ketika kamu bisa berdamai dan melewati perubahan dengan baik, yakin deh, resiliensimu pun semakin strong.


So, jangan takut pada perubahan dan jangan takut berubah! Tentunya, berubah menjadi diri yang lebih baik dari sebelumnya, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All