• klik klas

Percaya Zodiak? Hati-hati Barnum Effect!



Haloo Klikers dan Teman Baik, apa kabar? Kalau boleh tau kamu pengunjung lama web ini atau pengunjung baru? Kalau pengunjung baru, selamat datang di web temaniteman. Di sini kamu bisa banyak punya bahan bacaan ringan loh, agar kita bisa #SalingBertumbuh. Okee segitu aja iklanya. Kita lanjut bahas artikelnya.


Klikers dan Teman Baik pernah nggak sih denger tentang Barnum Effect? Nggak tau? Yaa nggak papa sih, aku cuman mau ngasih tau tentang teorinya. Kenapa sih aku bahas teori ini? Karena aku geram banget banyak yang percaya zodiak, nah sebenarnya gimana si zodiak itu kalau di liat dari teori ini.


Oke kita lihat teori seorang psikolog bernama Bertam R. Forer yang ngomongin tentang fenomena ini yaitu Barnum Effect.


Barnum Effect adalah fenomena psikologis yang terjadi saat seorang percaya tentang deskripsi terhadap diri mereka sendiri yang sebenarnya deskripsi tersebut juga berlaku untuk orang lain.


Nah ini membuat kita sering percaya dengan penjelasan zodiac, jadi ketika kita dihadapkan pada penjelasan tentang kepribadian, otak kita akan mencari dan mengaitkan penjelasan itu dengan apa yang kita rasakan. Lalu kita percayai.


Padahal sifat dan kepribadian itu banyak faktor yang mempengaruhinya mulai dari biologis, fisik, keluarga, sosial budaya, lingkungan sekitar.


Jadi jangan terlalu terobsasi sama zodiak yuk! Apalagi hanya menjadi pembenaran ketika kita tau sifat itu adalah hal buruk buat kita tapi kita berdalih “aku kan libra, jadi aku gabisa kayak gitu.”


Atau mengambil keputusan hanya karena zodiak.



“Aku gabisa kerja sama bareng kamu, soalnya kamu libra.”


Kalau kita terus terusan kayak gitu, justru itu akan membatasimu dan lambat dalam berproses dalam menjalani hidup yang perlu banyak ekplorasi ini.


Gini yaa Klikers dan Teman Baik, bayangin yaaa di dunia ini ada kurang lebih 7,7 miliar manusia dan sangat logis ketika orang yang zodiaknya sama, sifatnya juga sama. Coba bayangin misal “orang suka ngambek kalau ditinggal tiba tiba”


Orang suka ngambek itu banyaaaaaak, ga cuman cancer, libra, siapapun bisa tumbuh menjadi orang yang suka ngambek apalagi ditinggal tiba tiba.


Begitupun sifat sifat lainya, jadi nggak ada tuh cancer sukanya ngambekan, gemini sukanya nyebelin, taurus anaknya gengsian. Semua sifat itu bisa dimiliki semua orang bukan karena zodiaknya apa.


Jadi yuk berhenti terlalu percaya! Jangan lupa untuk #SalingBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

0 views0 comments

Recent Posts

See All