• klik klas

Percaya Pada Kemampuan Diri Untuk Pulih

Halo, Klikers dan Teman Baik. Gimana kabarmu hari ini? Apakah kamu masih merasa bahwa dirimu bisa melalui segala rintangan? Atau justru kepercayaan dirimu sedang turun karena merasa tak bisa sembuh dari luka di masa lalu?


Semoga bukan yang kedua, ya.


Namun, jika memang kamu sedang berada dalam kondisi yang membuat kepercayaan dirimu turun dan kamu merasa tak bisa bangkit dari luka di masa lalu, #TemaniTeman mau bilang...


Tak apa-apa jika kamu sedang merasa lemah dan tak berdaya. Akan tetapi, percayalah. Kamu punya kemampuan untuk kembali pulih dari rasa sakit.



Iya. Semua manusia di dunia ini dikaruniai oleh Tuhan kekuatan yang mungkin tidak disadari oleh setiap diri. Terkadang, ketika semuanya terasa semakin sulit, kamu mungkin merasa kemampuanmu sudah habis dan tidak mungkin rasanya untuk kembali pulih setelah merasa sakit karena satu atau lain hal.


Nyatanya, Tuhan tidak memberikan masalah di luar kemampuan kita, loh!


Jangan sampai, kamu malah mendiskon kemampuan dirimu dan menyerah begitu saja. Coba lihat lagi ke belakang. Sudah sejauh mana kamu melangkah hingga sampai di titik ini?


Wah, sebenarnya, meski pelan-pelan, selangkah demi selangkah, kamu bisa kok terus bergerak dan #SelaluBertumbuh. Hanya saja, mungkin kamu tidak menyadari hal itu karena terlalu fokus pada kesedihan dan rasa sakit yang hadir dalam hidupmu.


Kamu punya kemampuan terpendam yang belum tereksplorasi sepenuhnya. Kemampuan itulah yang bisa membantumu untuk kembali bangkit dan pulih. Kalau bukan kamu yang yakin pada kemampuan dirimu untuk pulih, siapa lagi yang bisa yakin? Kamu tidak bisa membuat orang lain yakin pada kemampuanmu jika kamu sendiri tidak percaya pada dirimu.



So, yuk pupuk dan sirami lagi keyakinan diri untuk kembali pulih. Jika kamu kesulitan menemukan kemampuan terpendam itu, tak ada salahnya meminta bantuan profesional seperti psikolog atau psikiater untuk mengarahkanmu. Bangkit sendiri memang terasa lebih berat. Oleh karena itu, Tuhan berikan banyak manusia di sekitarmu agar bisa membantumu.


Tentunya, jangan menunggu bantuan datang. Kamu pun bisa bergerak untuk membantu dirimu sendiri dengan mendatangi orang lain dan meminta bantuan. Jangan sungkan dan jangan ragu. Siapa tahu, setelah bergerak menghampiri mereka yang Tuhan sediakan sebagai perantara bantuanmu, kamu jadi bisa menemukan kemampuan terpendam dan bangkit lagi untuk pulih.


Tetap percaya pada kemampuan dirimu dan teruslah bergerak meski tertatih :)

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All