• klik klas

Peran Orang Tua Sangat Memengaruhi Anak

Klikers dan Teman Baik, pernah nggak sih kamu ngerasa kalau gimana dirimu saat ini ada banyak pengaruhnya dari orang tua?


Sebagai individu yang akan terus #SelaluBertumbuh, mungkin kamu dan kita semua akan menjadi orang tua bagi anak-anak kita nanti. Bahkan mungkin di antara Teman Baik dan #TemaniTeman pun ada yang sudah menjadi orang tua, ya.





Menjadi orang tua bukan berarti diri ini paling tahu segalanya. Menjadi orang tua memang tidak ada sekolah resminya, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa belajar dan terus belajar menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak nanti.


Belajar menjadi orang tua tidak bisa hanya sekali, dua kali, tetapi sepanjang hidup ini kamu tentu harus terus belajar demi mengembangkan diri. Hal ini menjadi sangat penting, ya, karena orang tua memiliki peran besar dan sangat memengaruhi perkembangan anak nanti.


Mungkin di antara Klikers dan Teman Baik, ada yang merasa tidak siap menjadi orang tua karena takut tidak bisa bertanggung jawab dengan baik. Namun, jadikan ketidaksiapan itu sebagai bahan bakar untuk terus belajar dan berkembang.


Memang, perkembangan anak tidak 100% karena orang tua. Namun, sejak kecil hingga ia menjadi remaja, orang tua adalah contoh dan teladan terdekat dalam hidupnya. Apa yang orang tua katakan, lakukan, dan berikan padanya akan tersimpan dengan sangat baik di memori jangka panjangnya. Bahkan mungkin di alam bawah sadar.



Orang tua adalah sekolah pertama bagi anak. Orang tua adalah contoh sehingga perlu memerhatikan hal-hal yang dilakukannya. Orang tua memang tidak selalu benar. Namun, dari kesalahan yang pernah dilakukan, jangan sampai diri merasa superior dan mencari pembenaran terus menerus di hadapan anak.


So, menjadi orang tua bukanlah fase yang menyeramkan, kok. Meski peran sebagai orang tua sangat berpengaruh dan penuh tanggung jawab pada anak, hal ini justru bisa kamu jadikan tempat bertumbuh, berkembang, juga saling belajar bersama pasangan dan anak. Dengan demikian, semuanya bisa #SalingBertumbuh menjadi lebih baik setiap harinya.

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All