• klik klas

Pendemi dan Pentingnya Berpikir Kritis


Haloo Klikers dan Teman Baik, apa kabar hari ini? Semoga baik baik aja yaaa, sebelum melanjutkan baca artikel ini, aku sarankan kamu minum dulu yaa biar nggak dehidrasi dan fokus kembali untuk baca artikel ini karena bahasannya akan sedikit serius. Hehehe..


Klikers dan Teman Baik kalian sadar nggak sih salah satu alasan kenapa pendemi masih betah aja bermukim di sekitar kita karena apa? Iyaa, seperti judulnya, salah satunya karena kurangnya orang orang berpikir kritis.


Sebenarnya apa sih berpikir kritis itu?

Berfikir kritis adalah suatu proses dimana seseorang atau individu dituntut untuk menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi untuk membuat sebuah penilaian atau keputusan berdasarkan kemampuan,menerapkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. ( Pery & Potter,2005).

Nah kadang orang yang nggak berpikir kritis mereka asal percaya aja tanpa memproses informasi itu dengan baik, tanpa bertanya kepada ahlinya, dia langsung percaya dan bahkan seringnya lebih ngotot dari pada para ahli.


Kita lihat saja dulu lagi rame tentang salah satu dokter perempuan yang bilang covid ini tidak ada padahal beliau saja dokternya sudah dicabut dan sudah tidak punya izin praktek lagi, tapi kenyataanya banyak orang yang mempercayai hal itu.


Pada dasarnya emang orang mendukung hal hal yang memang sudah dia percayai diawal, dia merasa dia nggak percaya dengan covid dan ternyata ada orang seperti ahli yang kepercayaanya sama dengannya, dia semakin yakin meskipun kepercayaan itu nggak berdasar.


Contoh lain tentang vaksinasi banyak orang yang masih percaya bahwa vaksin akan bisa ngebuat kita mati, ada chip yang dibuat Bill Gates padahal apa yang mau dicari dari kita? Apakah kita se spesial itu harus diawasi gerak geriknya?


Apalagi hal yang paling tidak rasional adalah orang orang yang menganggap ambulance yang lalu lalang adalah ambulance kosong yang hanya di design agar masyarakat takut dan panik sehingga imunya lemah.


Hal hal kayak gini hadir karena kurangnya orang orang untuk berpikir kritis, malas mencari informasi yang benar dan terlalu keras kepala untuk melihat pandangan orang lain yang berbeda dengan dirinya.


Orang orang seperti ini masih ada di lingkungan kita, tugas kita semua untuk mengedukasi orang orang agar tidak mudah percaya dengan hal hal yang belum ada kebenaranya. Sulit memang, tapi jika kita lakukan bersama pasti bisa.

Semangat #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S.Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

4 views0 comments

Recent Posts

See All