• klik klas

Pekerjaan Kantor dan Rumah Sama-Sama Menumpuk, Harus Ngapain Nih?

Halo Klikers dan Teman Baik!

#TemaniTeman mau nanya nih hayo siapa disini yang males banget kalau disuruh ngerjain pekerjaan rumah tangga? Harus berapa kali diomelin dulu nih baru siap grak beberes rumah? Hahaha

Ternyata pekerjaan rumah ini nggak ada office hournya ya. Kamu bisa saja membutuhkan waktu berjam-jam untuk ngurus belanjaan rumah tangga, cucian baju, jemuran, setrikaan, masakan, rapi-rapi lemari, nyapu, ngepel, ngelap perabotan yang berdebu, beresin cucian piring. Wow langsung terbayang bagaimana seorang ibu berkarier yang harus kerja di kantor sementara sampai rumah masih harus menyelesaikan pekerjaan rumah dan mengurus keluarga. Luar biasa!

Sering banget ujung-ujungnya jadi stres dan malah nggak fokus. Hal yang harusnya diprioritaskan jadi terlewat. Apalagi kalau kamu tipe orang yang perfeksionis! Waduh bakal pusing tujuh keliling tuh. Kaum perfeksionis pasti pingin semua kerjaan selesai dengan baik. Harus sempurna. Ini dia yang secara nggak sadar bikin kamu gampang capek.


Walaupun kamu masih single, sebenarnya pekerjaan rumah tangga ini adalah sesuatu yang tidak terhindarkan lho. Semalas apapun kamu, mau nggak mau ya harus kamu kerjakan. Buat yang sudah pernah merantau pasti tau rasanya ketika harus jemur cucian pagi hari biar dapat matahari, ditambah pas hari libur… beuh rasanya pasti mager banget!


Maka dari itu, biar kamu bisa hidup dengan seimbang tanpa beban sana sini, kamu harus belajar mengatur pola hidup. Ini sepele, tapi kalau tidak dimulai sekarang pasti besok ketika kamu sudah menikah dan punya anak, kamu jadi kewalahan

Langkah pertama adalah bangun pagi. Tenang, jangan panik kalau kamu belum terbiasa. Semua bisa karena ada kemauan 😊 Penelitian menunjukkan bangun pagi membuat kamu bisa lebih produktif dan tidak tergesa-gesa dalam menghadapi hari. Saat pagi, otak dan tubuh kamu sudah fully charged setelah semalaman istirahat, sehingga energi yang kamu miliki juga lebih besar. Ini bermanfaat untuk menaikkan moodmu.

Setelah itu, cobalah menulis jadwal agenda dalam sehari. Pekerjaan rumah seperti memasak nasi, mencuci baju, menjemur baju, dan mencuci mobil bisa kamu lakukan pagi hari. Perihal masak, coba racik bumbu di malam hari sehingga kamu tinggal memasak kilat keesokan harinya. Akhiri dengan sarapan dan mandi. Sepulang kerja, meskipun lelah kamu bisa bergegas mandi. Lanjutkan dengan menyiapkan makan malam dan mencuci piring kotor. Sebelum tidur, sempatkan untuk ngobrol bareng keluarga ya!

Selamat mencoba! Semoga kamu #SelaluBertumbuh setiap harinya.


Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

3 views0 comments

Recent Posts

See All