• klik klas

Pakaianmu, Bentuk Kepercayaan Dirimu

Klikers dan Teman Baik, pernah nggak, sih, pas kamu pakai baju tertentu rasanya tingkat kepercayaan dirimu meningkat?


Biasanya, pakaian kesukaan atau sepatu kesukaan bisa membuat kamu merasa lebih percaya diri dibandingkan pakaian lainnya. Hal ini bisa banget kamu jadikan strategi untuk meningkatkan rasa percaya dirimu di agenda-agenda penting buatmu. Pastinya, tetap melihat situasi dan kondisi, ya.



Misalnya, kamu besok mau sidang skripsi. Rasanya, nggak pede banget kalo harus pakai baju putih-hitam atau yang formal banget! Mungkin, kamu bisa coba tanyakan ke bagian akademik fakultas soal batasan pakaian yang dibolehkan dipakai saat sidang. Kalau diizinkan untuk memakai pakaian bebas asal sopan dan bukan jenis kaos, mungkin kamu bisa menilik pakaian favoritmu dalam lemari. Pilihlah pakaian terbaik yang membuatmu nyaman dan merasa yakin pada dirimu.


Atau, jika memang diharuskan memakai pakaian formal dengan ketentuan yang ketat, kamu bisa mengakalinya dengan menata rambut, menghias wajah, atau menggunakan aksesori tambahan yang tidak mengurangi kesan formal dalam penampilanmu. Hal ini bisa kamu lakukan supaya saat tampil presentasi, rasa percaya dirimu meningkat, tidak hanya pada penampilan, tetapi juga pada hal-hal yang akan kamu presentasikan.


Di kondisi lain, ketika kamu harus mendatangi pertemuan atau meeting yang penting dengan klien, pakaian pun bisa menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan. Tidak hanya untuk memperlihatkan profesionalitas yang kamu miliki, tetapi juga pakaian yang bisa membuatmu percaya diri di depan orang lain.


Kalau kamu tidak percaya diri menggunakan jas hitam, kamu bisa mengakalinya dengan kemeja atau batik favoritmu. Kalau kamu tidak nyaman pakai heels, jangan dipaksakan juga. Pastikan apa yang kamu gunakan membuatmu nyaman karena hal itulah yang bisa menjaga rasa percaya dirimu tetap di puncak.



Tentunya, perhatikan situasi dan kondisi, ya. Nggak mungkin dong kamu pakai kaos pas sidang skripsi. Atau, nggak mungkin juga kamu pakai gaun malam saat datang ke pemakaman. Tetap perhatikan konteks dan situasi dari event yang akan kamu hadiri.


Gunakan pakaian yang sesuai dengan event, tetapi juga yang nyaman dan membuatmu merasa berharga serta percaya diri tampil di hadapan orang lain. Semoga #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman!



Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All