• klik klas

Orang Lain Udah Nabung Haji, Aku Mah Apa Atuh!

Updated: Feb 14



Haloo Klikers dan Teman Baik, apa kabar harimu? Siapa di sini yang punya impian untuk naik haji? Sebagai seorang muslim pasti kita semua punya keinginan untuk naik haji ya guys. Nggak bisa dipungkiri naik haji kan butuh biaya dan sebagai anak yang mandiri yaa kita harus nabung kecuali kita udah didaftarin haji dari usia belasan tahun sama orang tua kita jadi pas usia kita usia 30an kita udah bisa berangkat :)


Fyi, sekarang nunggu antrian haji panjang banget bisa sampe 10 tahun :)


Jadi kamu daftar hari ini, bisa jadi dapet kuotanya 10 tahun ke depan, nah makanya orang orang udah mulai nabung untuk naik haji.


Nah, mungkin ada di antara temen temen yang baca ngerasa yang lain udah mikirin tabungan haji, aku mah apa atuh. Bahkan udah kerja lama aja masih gini gini aja.


Eitsss tunggu dulu yaa Klikers dan Teman Baik, mungkin ada diantara teman kita yang udah nabung haji, bahkan kerja baru setahun tapi udah daftar haji bahkan nggak hanya itu dia juga udah punya kendaraan baru, teman satunya lagi baru kerja setahun udah mampu menikahi orang lain, dan pencapaian pencapaian lainya yang membuat kita bertanya tanya dia gaji berapa sih, ko kayaknya cepet banget punya ini dan itu bahkan udah bisa daftar haji.



Sedangkan kita ko rasanya masih gini gini aja padahal udah lama kerja.


Klikers dan Teman Baik, kita harus ingat bahwa semua orang itu berbeda. Kita tidak bisa membandingkan diri kita dengan orang lain. Ada loh orang orang yang kerja, gajinya besar, tapi dia tetap nggak bisa nabung karena ada banyak orang yang dia tanggung, biaya sekolah adiknya, biaya dapur orang tuanya, biaya kosan adik iparnya dan biaya biaya lain sampai untuk makan enak sesekali aja, dia nggak bisa. Bisa jadi itu juga terjadi di antara yang baca makanya belum bisa nabung untuk haji dan itu nggak papa.


Atau ada orang yang memang gajinya sedikit tapi dia tidak punya tanggungan apapun, tinggal di rumah orang tua yang dia nggak perlu memikirkan biaya makan dan listrik, makanya dia udah bisa nabung untuk haji dan beli ini dan itu untuk dinikmatin sendiri.


Jadi, udah nggak perlu overthinking lagi yaa..


Yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

1 view0 comments

Recent Posts

See All