• klik klas

Nggak Ada Yang Namanya Telat!



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang satu per satu temenya udah lulus kuliah? Satunya lagi udah S2? Satunya lagi udah nikah bahkan satunya lagi udah punya anak? Ketika teman teman kita sudah punya pencapaian kayak tadi lalu kita melihat diri sendiri yang hari ini masih terbaring di kasur dengan melihat netflix sambil nyemil. Eh rasanya ko kita terlambat ya? Terlambat nikah, terlambat sukses, terlambat bahagia.


Klikers dan Teman Baik, sebenarnya siapa sih yang menciptakan ukuran telat dan tepat waktu dalam hal menikah, punya anak, S2? Bukankah semua itu harusnya kita lakukan ketika kita memang sudah siap? Bukan ketika teman teman kita sudah melakukan itu semua? Kenapa kita selalu merasa kebakaran jenggot kalau teman teman kita satu persatu sudah menikah, satu persatu sudah S2, satu persatu sudah punya anak padahal hidup kita juga baik baik aja tanpa itu, hidup kita sebenarnya nggak kenapa kenapa dan bahagia bahagia aja.



Klikers dan Teman Baik, rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau, melihat orang lain mencapai di titik yang sekarang kayaknya emang terlihat lebih bahagia, padahal bisa jadi mereka juga melihat kita begitu bahagia dengan kebebasan yang kita punya hari ini.

Sebenarnya semua tergantung bagaimana kita menikmatinya dan memanfaat kesempatan yang ada dan sekali lagi tidak ada yang namanya telat!


Telat dalam hal nikah, S2, punya anak itu adalah hal yang diciptakan sendiri nggak ada ukuran pastinya. Jadi please jangan overthinking sama hal ini sampe nggak mood ngelakuin banyak hal dan berujung nggak berkembang. Sudah jomblo, pengangguran, hobinya di rumah terus tidur mulu karena insecure lagi. Waduuh repot. Yuk gali potensi, kembangkan diri dan jadilah versi terbaik kamu.


Klikers dan Teman Baik, jangan menyianyiakan kesempatanmu sekarang, ada banyak hal yang bisa kamu capai selagi belum punya tanggung jawab yang banyak. Esok atau lusa setelah kamu menikah, setelah kamu punya anak, kamu tidak akan seleluasa sekarang meskipun nikah dan punya anak bukanlah hal yang bisa memberhentkan mimpi kamu tapi setidaknya kamu punya amanah baru yang kamu perlu totalitas juga di sana.


Jadi yuk selama hari ini kamu masih bebas melakukan apa aja, masih sedikit tanggung jawab, masih banyak tenaga, banyak eksplore dan jangan insecure karena merasa telat yaaa :)


Jangan lupa #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati




3 views0 comments

Recent Posts

See All